First Media Raih Service Quality Award 2017

Direktur Operasional PT Link Net Tbk (First Media), Edward Sanusi (kanan) menerima penghargaan dari Majalah Service Excellence dan Carre-Center for Customer Satisfaction and Loyalty. (Istimewa)

Oleh: Emanuel Kure / GOR | Jumat, 4 Agustus 2017 | 14:34 WIB

JAKARTA- First Media berhasil menduduki peringkat pertama (Diamond Award) untuk kategori televisi berbayar (pay TV) di ajang Service Quality Award 2017. Penghargaan ini diberikan kepada First Media sebagai pemimpin dan pionir dalam industri penyedia TV kabel dan internet broadband dengan kualitas layanan terbaik.

Acara penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah Service Excellence dan Carre-CCSL (Carre-Center for Customer Satisfaction and Loyalty) ini berlangsung di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Kamis (3/8), dan diterima langsung oleh Direktur Operasional PT Link Net Tbk (First Media) Edward Sanusi.

Menurut Edward Sanusi, yang menarik dari hasil survey ini adalah responden yang menilai secara langsung kinerja perusahaan dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Responden menilai kualitas layanan yang terdiri atas empat aspek.

Pertama adalah dari sisi aksesibilitas. Seberapa mudah pelanggan dapat berinteraksi dengan perusahaan. Kedua, dalam hal segi proses. Bagaimana prosesnya, berbelit-belit atau tidak. Ketiga, people yang terkait dengan keramahan dan kualitas ketrampilan. Keempat, dari segi service solution. Kalau ada problem bagaimana mengatasinya. “Nah, keempat aspek tersebut mendapat penilaian langsung dari reponden,” kata Edward.

Edward pun menyampaikan apresiasi kepada pelanggan yang telah memberikan penilaian secara objektif terhadap layanan First Media. “Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi pelanggan yang telah setia memilih kami, sehingga First Media dapat menerima penghargaan tertinggi dalam kategori Pay TV,” ujar Edward.

Untuk mendapatkan pemenang Service Quality Award 2017, Carre-CCSL melakukan survey selama bulan Januari hingga Maret 2017 di empat kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Semarang dan Medan. Survey menggunakan metode wawancara tatap muka dengan pelanggan.

Berdasarkan hasil survey, First Media memperoleh nilai 4.0342 untuk indeks kualitas pelayanan (SQ Index). Inilah yang menghantarkan First Media meraih Service Quality Diamond Award 2017 untuk kategori Pay TV. Selain itu, First Media juga berhasil menduduki peringkat kedua untuk kategori Internet Service Provider dan peringkat kedua untuk kategori Internet Service Provider for Corporate Customers.

Service Quality Index (SQI) dibentuk dari persepsi pelanggan terhadap layanan dan persepsi pelanggan terhadap harga versus layanan. Untuk mendapatkan nilai yang baik, penyedia layanan harus mendapatkan penilaian yang baik untuk empat aspek utama, yaitu, ketersediaan layanan (accessibility), proses pelayanan, sumber daya manusia, dan kualitas penanganan pengaduan (solution).

First Media sebagai penyedia layanan TV via kabel pertama dan terbesar di Indonesia, menyediakan layanan televisi berbayar dengan kualitas tinggi serta koneksi broadband berkecepatan tinggi dan komunikasi data yang mampu bertahan sampai sekarang. First Media terus menambah jangkauan layanannya dengan jumlah homes passed yang kini mencapai lebih dari 1,9 juta rumah dan target pertumbuhan sebanyak 120-150 ribu hingga akhir tahun 2017.

“First Media selalu berkomitmen dalam memberikan layanan terbaik kepada para konsumennya. Tidak hanya dalam hal layanan, namun juga inovasi produk yang disajikan guna memenuhi kebutuhan seluruh pelanggannya. Komitmen ini pun telah diapresiasi oleh pelanggan sehingga First Media mendapatkan penghargaan Service Quality Award. Kami tidak akan berhenti sampai di sini. Penghargaan ini memberikan motivasi kepada kami untuk terus meningkatkan inovasi dan kualitas layanan,” ungkap Edward. (hg)




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT