Martina Navratilova, sembilan kali raih juara Wimbledon.

Jakarta - Salah satu turnamen tenis bergengsi dunia hari ini dibuka di Wimbledon, London. The Wimbledon Championships atau yang lebih dikenal Wimbledon adalah turnamen tenis paling tua sedunia, dan diklaim sebagai yang paling prestisius diantara turnamen grand slam lainnya seperti Australian Open, French Open, dan US Open. Turnamen Wimbledon dimulai tahun 1877, dan sejak dimulai 136 tahun lalu selalu dimainkan di lapangan rumput.

Wimbledon dilaksanakan selama dua minggu, diakhir Juni hingga awal Juli. Puncaknya terjadi saat final tunggal putra dan putri digelar, yang biasanya jatuh pada hari Sabtu atau Minggu pada perhelatan tersebut.

Seperti turnamen tenis lainnya Wimbledon mempertandingkan lima partai yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Namun banyak penikmat tenis dunia hanya memusatkan perhatiannya pada dua kategori, tunggal putra, dan putri.

Tunggal putra dimainkan sejak Wimbledon dimulai. Berbeda dengan tunggal putri yang baru dipertandingkan pada 1884 atau tujuh tahun kemudian.

Sepanjang sejarah Wimbeldon yang mengalami dua kali perubahan format, dari ameteur ke open era, dalam tunggal putra terdapat tiga petenis yang meraih gelar terbanyak yaitu sebanyak tujuh kali. Mereka adalah William Renshaw (Inggris), Pete Sampras (Amerika Serikat), dan Roger Federer (Swiss). Sedangkan Martina Navratilova (Amerika Serikat) mencatatkan dirinya sebagai pemegang gelar Wimbledon tunggal putri terbanyak yaitu sembilan kali.

Penulis: Andres Fatubun/AF

Sumber:Wikipedia