Tujuh Petenis Terkaya di Dunia

Tujuh Petenis Terkaya di Dunia
Roger Federer mencium trofi Australia Terbuka setelah mengalahkkan Marin Cilic di final, 28 Januar1 2018. ( Foto: AFP )
Alexander Madji / AMA Rabu, 5 Desember 2018 | 08:40 WIB

Jakarta - Tenis adalah salah satu olahraga favorit dengan penghasilan menggiurkan seperti sepakbola atau basket di Amerika Serikat (AS). Olahraga tenis juga digemari oleh banyak pemain sepakbola. Begitupun sebaliknya. Karena itu, tidak sedikit pesepakbola menonton langsung pertandingan tenis saat tidak ada jadwal pertandingan sepakbola baik bersama klub mapun tim nasional (timnas). Sebaliknya, tidak sedikit petenis yang menjadi pendukung fanatik klub tertentu.

Bahkan, ada mantan pemain sepakbola top dunia terjun ke dunia tenis profesional setelah gantung sepatu seperti yang dilakukan mantan bek AC Milan dan kapten Timnas Italia, Paolo Maldini. Karena itu, tenis menjadi salah satu cabang olahraga “elite”

Sebagai cabang “elite”, berikut ada tujuh petenis yang masih aktif bermain tercatat sebagai petenis terkaya di dunia. Daftar ini diambil dari berbagai sumber

1. Roger Federer
Petenis asal Swiss, Roger Federer, adalah petenis terkaya di dunia saat ini. Sumber kekayaannya, selain didapat dari hadiah dari berbagai turnamen yang diikuti, juga berasal dari pihak sponsor.

Federer adalah pemegang lebih dari gelar 20 gelar Grand Slam, paling banyak dibanding para petenis lainnya. Prestasi itu plus wajah ganteng juga menarik minat para sponsor. Menurut SportingNews, total kekayaan Federer mencapai 450 juta dolar AS. Dari jumlah itu, sebanyak 115 juta dolar AS didapat dari hadiah berbagai turnamen yang diikuti.

Bahkan, menurut Business Insider Agustus 2018, Federer yang saat ini menghuni peringkat tiga dunia menjadi petenis pria dengan bayaran termahal. Federer sudah mengumpulkan total pendapatan 117,5 juta dolar AS sepanjang karier sebagai petenis.

2. Novak Djokovic
Petenis terkaya kedua diduduki petenis asal Serbia, Novak Djokovic. Petenis ini terkenal memiliki hubungan yang baik dengan para pendukungnya. Selain tampil apik di dalam lapangan, petenis ini juga terkenal lucu dan tampil nyentrik di luar lapangan. Ia juga memiliki banyak pengikut di media sosial.

Seperti Federer, kekayaan Djokovic bukan hanya berasal dari hadiah uang berbagai turnamen yang diikuti, juga dari berbagai sponsor. Sejumlah laporan menyebutkan, sejak 2013 Djokovic meraup lebih dari 25 juta dolar AS per tahun. Bahkan pada 2018, ia menyabet penghasilan sebesar 100 juta dolar AS. Total kekayaan petenis nomor satu dunia itu diperkirakan mencapai Rp 200 juta dolar AS.

3. Serena Williams
Petenis putri terbaik AS, Serena Williams menyelinap di antara para petenis putra dalam daftar petenis terkaya dunia. Meski demikian, dia bukanlah perempuan terkaya di dunia.

Petenis yang baru kembali lagi ke lapangan tenis pada awal tahun ini, setelah absen selama hampir satu tahun karena cuti hamil dan melahirkan, diperkirakan memiliki harta kekayaan 180 juta dolar AS. Lebih dari 70 juta dolar AS didapat dari hadiah dari berbagai gelar Grand Slam yang diraih adik kandung petenis Venus Williams tersebut.

Selain menjadi petenis terkaya nomor tiga di dunia, Serena Williams juga dinobatkan sebagai petenis perempuan dengan bayaran termahal. Bayarannya hanya kalah dari Roger Federer sebagai petenis dengan bayaran termahal. Total bayarannya mencapai 86,3 juta dolar AS sepanjang karier tenisnya

4. Maria Sharapova
Meski sempat lama absen dari dunia tenis karena kasus doping, petenis cantik asal Rusia, Maria Sharapova berada di peringkat keempat daftar petenis terkaya dunia. Total kekayaan petenis yang terkenal dengan lenguhannya ini mencapai 115 juta dolar AS.

Beda dengan Williams, sebagian besar penghasilan Sharapova berasal dari sponsor. Sumber penghasilan lainnya adalah aktivas sebagai peragawati atau aksi lenggak lenggok di atas catwalk. Dua hal ini sangat terkait dengan wajah cantik yang dimiliki Sharapova.

Terlapas dari itu, ia tetaplah seorang petenis yang baik dan berkualitas. Buktinya, ia pernah lima kali nangkring sebagai petenis nomor satu dunia, sebelum tergelincir kasus doping. Kini, ia sedang berjuang untuk kembali ke penampilan terbaiknya.

5. Rafael Nadal
Petenis Spanyol, Rafael Nadal, harus puas berada di peringkat kelima sebagai petenis terkaya dunia. Pernah lama menjadi petenis nomor satu dunia, prestasinya sempat melorot karena harus lama absen akibat cedera. Ia harus berjuang keras untuk kembali mengayun raket setelah pulih dari cedera.

Upaya kerasnya membuahkan hasil dan semmpat kembali menjadi petenis nomor satu dunia menggeser Novak Djokovic sebelum turun ke posisi kedua saat ini. Konsistensi penampilan turut membantunya meraih penghasilan besar. Menurut Business Insider, pendapatan bersih Nadal diperkirakan mencapai lebih dari 100 juta dolar AS. Dari jumlah itu, pada 2017, sebanyak 27 juta dolar AS berasal dari dukungan sponsor.

6. Carolina Wozniacki
Petenis asal Denmark ini menduduki peringkat keenam petenis terkaya dunia. Menurut Sportskeeda, Wozniacki adalah salah satu petenis putri dengan bayaran terbaik. Namun, penghasilannya bukan hanya dari hadiah dari berbagai kejuaraan yang diikuti, tetapi juga pihak sponsor. Kalau hanya dari tenis dan sponsor, total kekayaan Wozniacki memang kalah dari Nadal.

Namun, sumber kekayaan Wozniacki lainnya berasal dari bisnis di bidang restoran serta tanda tangannya pada produk minuman vodka, dan bisnis parfumnya. Kombinasi berbagai sumber penghasilan ini menjadikannya sebagai salah satu bilioner.

Dari berbagai sumber pendapatan itu, total kekayaan bersih Wozniacki diperkirakan mencapai 180 juta dolar AS. Sebanyak 28 juta dolar AS di antaranya berasal dari hadiah uang di berbagai kejuaraan.

7. Andy Murray
Petenis terbaik Inggris Raya, Andy Murray menduduki peringkat ketujuh petenis terkaya dunia. Menurut Daily Mail, total kekayaannya mencapai 100 juta dolar AS. Sebagian besar penghasilan petenis kelahiran Skotlandia itu atau senilai 60 juta dolar AS berasal dari hadiah uang di berbagai kejuaraan. Dengan demikian, ia menyejajarkan diri dengan para petenis lain dengan penghasilan terbaik di dunia tenis. Penghasilan Andy Murray lainnya berasal dari pihak sponsor.

 



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE