Serena Williams membanting raketnya dalam pertandingan melawan Sloane Stephens di babak perempatfinal Australia Terbuka, 23 Januari 2013.
Yang mengalahkan Williams adalah penggemar beratnya berumur 19 tahun.

Favorit juara Serena Williams disingkirkan oleh petenis remaja Sloane Stephens dalam pertarungan tiga set 3-6, 7-5, 6-4 di turnamen grand slam Australia Terbuka Rabu (23/1).

Dalam laga ketat selama dua jam 17 menit, Williams mengaku punggungnya terkilir di babak kedua saat tengah mengejar bola drop shot dari lawannya, namun ditegaskannya hal itu bukan penyebab kekalahan.

“Tidak ada alasan untuk itu," kata Williams, yang hari ini melakoni pertandingan perempat final grand slam antar sesama petenis Amerika Serikat pertama sejak dia mengalahkan saudarinya Venus Williams di Amerika Serikat Terbuka 2008.

Uniknya, Stephens yang baru berumur 19 tahun adalah salah satu penggemar beratnya dan tumbuh besar ditemani poster-poster pemenang grand slam 15 kali itu di kamarnya.

Williams yang sudah berumur 31 tahun mengatakan turnamen kali ini adalah yang terburuk dari 50 grand slam yang pernah diikutinya.

Pada putaran kedua, dia sempat terkena pukulan raketnya sendiri dan di babak pembuka dia terjatuh dan mengalami cedera angkel.

Williams menjadi favorit juara di Melbourne setelah dia cuma kalah satu kali sejak Prancis Terbuka Mei tahun lalu.

Pada pertemuan perdana melawan Stpehens di turnamen pemanasan di Brisbane awal bulan ini, dia menang 6-4, 6-3 .

Hasil hari ini membuat Stephens menjadi petenis Amerika termuda yang menembus semifinal grand slam, setelah Williams yang melakukannya pada umur 18 tahun di Wimbledon pada 2000.

"Aku bisa menembus semifinal grand slam, rasanya ternyata tidak sesulit yang kuduga, tapi ini tetap sangat hebat," kata Stephens yang menduduki ranking 25 dunia.

"Aku tak menduga akan terjadi secepat ini, namun perjalanan yang kulewati bagus dan menyenangkan," katanya.

Kamis besok, Stephens akan menghadapi peringkat satu dunia Victoria Azarenka dari Belarusia, yang menaklukkan juara grand slam dua kali Svetlana Kuznetsova 7-5, 6-1.

Jika Stephens menang besok, dia akan meraih final pertamanya di semua turnamen WTA Tour yang pernah diikutinya.

Penulis: