Pemberontak Syria yang diyakini bernama Abu Sakkar, membuat heboh dunia dengan memakan jantung seorang tentara pasukan pemerintah yang tewas.

Syria - Sebuah video yang menayangkan seorang pemberontak Syria memakan jantung tentara pasukan pemerintah dikecam keras oleh lembaga hak asasi internasional, karena tindakannya tersebut termasuk dalam kejahatan perang. Si kanibal diidentifikasi bernama Abu Sakkar, seorang tokoh pemberontak di kota Homs.
Pemerintah Syria memastikan akan menangkap hidup-hidup Sakkar dan mengadilinya.

"Saya bersumpah akan memakan jantung dan hati semua pasukan Bashar," katanya sambil berdiri diatas mayat musuhnya itu.

Lembaga hak asasi internasional menyatakan Abu Sakkar adalah pemimpin gerakan yang menamakan dirinya Brigade Kemerdekaan Omar al-Farouq. Sebelumnya Sakkar pernah terekam video sedang menembakan roket di kota Shia, dan berpose dengan seorang mayat. Ia dinyatakan sebagai pemimpin yang punya peranan penting dalam pemberontakan di Syria.

Rekaman video tersebut ditayangkan pada Minggu (12/5). Sebuah sumber di Time, menyebutkan Sakkar tidak memakan jantung atau hati seperti yang diberitakan oleh banyak media, tapi memakan salah satu paru-paru prajurit yang tewas tersebut.

PBB menyatakan lebih dari 70.000 orang tewas dan ribuan orang pergi meninggalkan negerinya dalam konflik bersenjata di Syria yang pecah sejak Maret 2011.

Penulis: Andres Fatubun/AF

Sumber:BBC