Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono menyerahkan sapi kurban kepada Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar  di Masjid Istiqlal, Jakarta. FOTO: AFP PHOTO / RUSTAM / SETPRES
Sekitar 150 orang lainnya dilaporkan luka-luka oleh berbagai insiden pemotongan hewan korban -- entah luka terkena pisau, atau diterjang sapi yang panik

Seekor sapi yang panik, mengamuk dan menewaskan calon penyembelihnya, Sabtu (27/10) hari ini. Insiden ini terjadi dalam upacara penyembelihan hewan korban pada Hari Raya Idul Adha, di Jalur Gaza, Palestina. Menurut Ashraf al-Kidra,  seorang pejabat kesehatan Gaza, selain menewaskan seorang lelaki, pelbagai insiden penyembelihan hewan korban menyebabkan 150 orang mesti dibawa ke rumah sakit -- entah luka teriris pisau maupun kena terjang hewan korban yang mencoba melarikan diri.

Dalam dua hari ini, umat muslim di seluruh dunia tengah merayakan Hari Raya Idul Adha dengan menyembelih sapi, domba, atau kambing -- dan dagingnya dibagikan kepada fakir miskin.

Sejumlah insiden juga terjadi di Pakistan. Di Peshawar, misalnya, seekor sapi jantan melepaskan diri dari sekapan penyembelih, dan menerjang kerumunan orang. Sapi panik ini melukai tiga orang, termasuk seorang anak lelaki berumur 12 tahun. Polisi mengatakan, sapi berang ini baru tertangkap sejam kemudian, setelah diburu oleh belasan orang.

Sementara itu di Karachi, seekor sapi juga lepas dan melukai seorang anak kecil. Sapi ini baru tertangkap dua jam kemudian.

Penulis: