6 Tips Mengemudi Saat Terjebak Banjir

6 Tips Mengemudi Saat Terjebak Banjir
Mobil terendam banjir. ( Foto: Antara )
Carla Isati Octama Senin, 29 Desember 2014 | 14:39 WIB

Jakarta – Banjir memang tidak diharapkan semua orang. Selain menghambat aktivitas, banjir juga bisa membuat mesin mobil rusak parah. 

Sebaiknya, menghindari jalanan yang tergenang air. Tapi, kalau sudah terjebak, jangan panik dulu. Dalam rilis yang diterima Beritasatu.com, Senin (29/12), Chevrolet Indonesia berbagi tips aman mengemudi pada keadaan tersebut.

  1. Arahkan kendaraan ke bagian tertinggi jalan, karena air berada pada titik dangkal di titik tersebut.
  2. Gunakan gigi rendah (pertama atau 'L'), tergantung pada jenis transmisi.
  3. Jaga kecepatan konstan. Mesin yang melambat dapat membiarkan air masuk melalui pipa knalpot dan merusak catalytic converter.
  4. Masuklah ke dalam genangan dengan kecepatan tidak lebih dari tiga km/jam dan tambah menjadi enam km/jam ketika kendaraan yang dikemudikan sudah berada di tengah genangan. Teknik tersebut akan menciptakan gelombang haluan di depan kendaraan dan mengurangi air di sekitar mesin dan mengurangi induksi air melalui saringan udara, juga mengurangi kerusakan komponen listrik dan elektronik.
  5. Pastikan tidak ada kendaraan yang mengarah ke kendaraan Anda, karena ombak kecil yang ditimbulkan dapat mendorong air masuk ke kendaraan Anda, terutama jika gelombang air bergerak dengan kecepatan yang kencang.
  6. Apabila mobil sudah keluar dari genangan, gunakan-lah rem dengan perlahan untuk mengeringkan. Injak rem dengan kaki kiri jika sudah familiar dengan teknik ini dan lepas ketika merasa rem mulai bekerja.
Sumber: PR
CLOSE