Ilustrasi Pembersih Lantai

Kegiatan menyapu dan mengepel merupakan salah satu metode pembersihan yang dilakukan secara teratur oleh kebanyakan kalangan ibu rumah tangga.

Sayangnya, banyak juga yang menggunakan produk pembersih namun terkadang tidak efektif karena mengandung sejumlah bahan kimia yang terlalu banyak.

Jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah, Anda tentunya tidak ingin mengepel lantai dengan campuran bahan kimia yang berlebih.

Seperti dikutip dari laman Boldsky, berikut empat bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan lantai di rumah.

Cuka Putih dengan Air
Cuka merupakan bahan disinfektan ringan yang mampu membunuh bakteri dan kuman sekaligus membantu mendapatkan lantai yang berkilau. Bau cuka tidak akan bertahan lama setelah mengering di lantai.

Jeruk Lemon, Cuka Putih dan Air
Lemon diketahui memiliki asam yang dapat membersihkan lantai dan membuatnya bersinar. pada sisi lain, Cuka juga banyak digunakan untuk membersihkan lantai. Campur cuka putih, jus lemon, air untuk mengepel lantai. Aroma lemon bisa mengharumkan rumah dengan lebih segar. Meski begitu, jangan menggunakan bahan pembersih ini di lantai kayu karena lemon dan cuka dapat merusak kayu.

Minyak Biji Rami dan Air
Bahan yang satu ini bisa digunakan untuk membersihkan dan mengkilaukan lantai yang menggunakan lapisan kayu.

Baking Soda, Minyak Kayu Putih dan Air
Bahan baking soda memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda membandel dari lantai dan minyak kayu putih memiliki sifat anti-bakteri yang membunuh kuman dan bakteri plus memberikan aroma yang menyegarkan di rumah.

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber:Boldsky