Menciptakan ruang keluarga di area yang sempit.
Manfaatkan elemen cahaya dan pemilihan perabotan yang tepat.

Salah satu kendala tersendiri ketika kita harus tinggal di sebuah rumah di perkotaan yang sempit dan tak terlalu luas. Kemudian kita ingin membuat ruang keluarga dan yang tersisa adalah ruang yang sempit.

Dengan ketersediaan ruang tersebut, menciptakan ruang keluarga bukannya tidak mungkin untuk dilakukan. Kita masih bisa membuat ruang keluarga yang nyaman dan terhindar dari tumpukan barang yang membuat berantakan. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1: Mulailah dengan penyimpanan
Cobalah pasang unit-unit penyimpanan atau boks-boks penyimpanan yang dengan cepat bisa menjadi tempat menyimpan barang-barang keluarga Anda, sehingga bisa memberi ruang bagi benda-benda besar seperti meja kopi, sofa, dan dudukan televisi.

Langkah 2: Temukan titik fokus
Seperti halnya merias wajah, menemukan titik fokus akan membantu menarik perhatian orang pada yang baik dan teralihkan perhatian dari yang buruk. Tarik perhatian pada dinding terpanjang di ruangan itu dengan menempatkan karya seni yang menarik perhatian. Atur sofa dan meja kopi ke arah sisi ini di dinding, menjadikan ruang sisanya bisa untuk menempatkan barang-barang yang lebih kecil di sekeliling ruangan.

Langkah 3: Pisahkan area
Anda tidak perlu sebuah godam untuk membuka ruang Anda. Memisahkan ruangan bisa sering kali membuat ruangan tampak luas. Gunakan karpet cukup besar untuk memisahkan ruang dan memberi setiap bagian rasa yang baru. Apakah anak Anda memiliki ruang bermain? Maka tempatkan karpet yang penuh warna untuk memberikan nuansa ceria. Jika ruang keluarga Anda juga merupakan dapur, berikan kedalaman dengan memisahkan ruang dengan unit-unit rak atau benda-benda tinggi yang bisa menarik pandangan mata ke masing-masing sisi, sehingga memberikan dua ruang yang terpisah.

Langkah 4: Pikirkan sesuatu yang sempit
Sebuah ruang yang sempit, memerlukan perabotan yang sempit pula. Tapi tidak semua perabotan perlu berukuran kecil, namun cobalah membeli barang dengan pemikiran tentang ruang di otak Anda. Jangan beli sofa yang besar dan gemuk. Tapi pilihlah yang ramping. TV juga bisa ditempatkan dengan cara ditempel di dinding untuk menghemat ruang.

Langkah 5: Pertimbangkan cahaya yang tepat
Cahaya memiliki dampak yang kuat pada mata. Untuk membuat ruang keluarga Anda tampak luas di malam hari, jangan terlalu memasang lampu yang terlalu terang. Lebih baik gunakan lampu yang redup dan temaram untuk menonjolkan bagian-bagian yang masih memiliki ruang.

Penulis: