Ilustrasi anak nonton sebuah tayangan di televisi
Ada beberapa tips yang mesti diperhatikan saat akan membeli sebuah televisi LCD/LED.

Sebelum memutuskan untuk membeli TV LED/LCD guna melengkapi tampilan rumah, tentunya ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan secara cermat.

Namun, yang paling penting dari segenap bahan pertimbangan tadi adalah fungsi utama dari televisi itu sendiri.

Selain itu, perhatikan keperluan akan adanya fitur-fitur tambahan yang mungkin saja diperlukan.

Karenanya, sebelum Anda pusing memilih televisi yang sesuai, berikut beberapa tips yang mesti diperhatikan saat akan menentukan pilihan pada sebuah televisi, seperti dilansir dari laman HomeTekno.

Harga
Hal yang satu ini pertimbangan nomor satu untuk banyak keluarga, tapi disarankan untuk tidak membeli produk yang  'asal murah'.

Sebaiknya jangan mudah terpengaruh iklan atau nama besar sebuah brand. Harga memang jarang berdusta. Namun, usahakan selalu untuk mendapat penawaran dengan kualitas yang baik.

Ukuran
Sesuaikan ukuran televisi dengan luas ruangan. Untuk ruangan yang luasnya kurang dari 3 x 3 meter persegi, televisi berukuran 22-24 inci sudah cukup nyaman.

Perhatikan pula jarak saat menonton. Hindari yang berukuran besar karena anda disarankan menonton dengan jarak lebih dari 60 sentimeter.

Response Time
Biasanya televisi menggunakan ukuran milidetik untuk melihat kualitas gambarnya. Semakin tinggi kecepatan respon, televisi mampu menayangkan gambar tanpa putus atau buram yang memberikan kesan menonton dengan nyaman.

Resolusi
Resolusi layar juga memengaruhi kualitas gambar. Semakin tinggi resolusinya, semakin bagus. Sekarang rata-rata televisi dengan ukuran layar 22-27 inci sudah memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel, dengan begitu Anda sudah bisa menonton dengan kualitas tinggi.

Konektivitas
Perangkat televisi pastinya tidak hanya dipakai untuk menonton saja, tetapi juga bermain game, dijadikan monitor komputer, melakukan video chat, atau bisa juga menjadi smart TV (TV Pintar). Karenanya, perhatikan konektivitas yang dimilikinya.

Desain
Meski kualitas  gambar merupakan syarat utama dalam memilih sebuah televisi, faktor desain juga punya peran yang tidak kalah penting.

Anda harus bisa membayangkan perangkat yang hendak dibeli bisa terintegrasi dengan interior rumah atau ruangan tempat televisi itu akan ditempatkan.

Penulis: /WBP