Ilustrasi lemari es.
Mengisi bagian dalam kulkas secara proporsional akan membuat lemari es lebih tahan lama.

Agar tidak cepat rusak, lemari es juga memerlukan perawatan tersendiri. Cara merawat lemari es yang baik juga relatif sederhana dan bisa dilakukan sendiri.

Satu hal yang wajib diingat, bagian yang paling vital dari lemari es adalah kompresor yang digerakkan oleh energi listrik. Kalau tidak digunakan atau diisi dengan bahan-bahan makanan, lebih baik dimatikan.

Nah, agar lemari es dapat berumur lebih panjang dan hemat listrik, berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam perawatannya seperti dikutip dari laman hometekno.

1. Isilah lemari es dengan proporsional. Jangan  terlalu banyak memasukkan muatan sehingga seperti gudang. Isi kulkas dengan bahan makanan dan minuman seperlunya saja.

2. Jangan memasukkan air minum yang masih panas. Sebelum memasukkan air minum ke dalam lemari es, tunggu air tersebut dingin.

3. Bersihkan lemari es dengan air hangat yang dicampur sabun cuci piring.Lalu lap dengan bahan yang lembut atau spons.

4. Usahakan agar pintu lemari es selalu tertutup rapat.

5. Jauhkan lemari es dari sumber panas yang lain seperi kompor.

6. Letakkan lemari es minimal 15-20 cm dari dinding.

7. Bersihkan kondensor yang terletak di belakang lemari es secara teratur dari debu dan kotoran, agar proses pelepasan panas berlangsung baik.

8. Sesekali freezer dibersihkan dengan melelehkan bunga es, sehingga keseimbangan suhu di dalam lemari es terjaga. Ingat, jangan mengikis es di freezer dengan pisau.

9. Atur suhu lemari es sesuai kebutuhan, tidak terlalu rendah. Karena semakin rendah/dingin semakin banyak konsumsi energi listrik.

10. Bila aliran listrik padam, jangan terlalu sering membuka lemari es. Bila aliran listrik meyala kembali, biarkan dahulu 5 menit, baru dinyalakan.

Penulis: /WBP