Ilustrasi seorang perempuan tengah menyimpan makanan di kulkas.
Selain harus dibersihkan secara berkala, Anda juga bisa memanfaatkan kentang, kopi dan ampas daun teh.

Untuk mencegah bau tak sedap yang ditimbulkan dari makanan dan minuman yang disimpan dalam kulkas, Anda dapat melakukan beberapa tips sederhana berikut ini:

1. Membersihkan kulkas secara berkala, terutama pada bagian penyimpanan sangat penting dilakukan. Anda bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut: bersihkan kotoran bekas makanan dan minuman dengan lap basah yang berbahan lembut, hingga bersih dan bau tak sedap benar-benar menghilang. 
   
Pada bagian frezzer bisa dibersihkan dengan cara memutar tombol pengatur suhu (termostat) pada posisi off untuk melelehkan sekaligus menghilangkan bunga es. Setelah mencair bersihkan kotoran hingga bersih, lalu putar lagi tombol untuk mengaktifkan kembali proses pendinginan.

2. Bila baunya sudah begitu kuat lantaran terlalu lamanya berbagai jenis makanan dan minuman yang disimpan dalam kulkas, pembersihan bisa dilakukan dengan cara mengeluarkan semua bahan tersebut, lalu matikan kulkas dengan cara melepaskan kabel colokannya.

Setelah itu, Anda mulai bisa melakukan pembersihan dengan menggunakan lap yang sudah diberi sabun. Pada bilasan terakhir tambahkan perasan jeruk nipis, keringkan, lalu letakkan sisa jeruk nipis pada beberapa tempat dan biarkan pintunya terbuka semalam.
   
3. Untuk mencegah bau, makanan dan minuman yang sudah terlalu lama disimpan atau kadaluarsa harus dikeluarkan. Sementara untuk makanan dan minuman yang beraroma kuat pindahkan ke dalam wadah tertutup sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
   
Untuk sayuran, daging dan ikan (seafood), masukkan ke dalam plastik yang tertutup rapat, lalu masukkan ke dalam frezzer. Jangan memasukkan makanan dan minuman dalam kondisi yang masih panas.
   
4. Untuk membersihkan jamur berwarna hitam yang biasa muncul di bagian karet pada pintu gunakan cuka masak, gosokkan pada bagian tersebut hingga bersih.
   
5. Agar kulkas terhindar dari bau, Anda juga bisa meletakkan arang, kopi, ampas daun teh yang sudah dikeringkan atau kentang yang sudah dikupas lalu belah menjadi empat bagian. Gantilah seminggu sekali agar bau tak sedap dapat diserap secara maksimal. Untuk penggantian arang bisa dilakukan lebih lama, misalnya sebulan sekali karena daya serapnya lebih tinggi dibandingkan yang lain. Selamat mencoba!

Penulis: