Mengenali Gejala Kanker Usus Besar

Mengenali Gejala Kanker Usus Besar
Ilustrasi Kanker Usus Besar ( Foto: National Cancer Institute )
/ FER Kamis, 6 Desember 2018 | 22:32 WIB

Tangerang - Kanker usus besar merupakan penyakit kanker nomor tiga yang paling sering ditemui. Penderita kanker ini rata-rata tidak menyadari gejalanya, bahkan banyak yang mengira jika hal tersebut adalah penyakit wasir (buang air besar berdarah) biasa.

Spesialis bedah dari Bethsaida Hospital, dr Eko Priatno SpB-KBD, mengungkapkan, ciri-ciri kanker usus besar adalah buang air besar (bab) berdarah yang sering dianggap sebagai wasir, perubahan pola bab (diare atau bab dengan feses kecil-kecil), bab tidak puas, serta nyeri pada anus.

Sayangnya, rata-rata penderita kanker usus besar baru datang ke dokter ketika stadium kanker sudah lanjut. Hal tersebut ditandai dengan perut buncit, kembung, tidak bisa buang air besar, kentut, muntah, berat badan menurun serta nyeri perut.

"Kanker usus besar ini berawal dari polip atau kutil. Kalau tidam ditangangi bisa berubah sifat dari jinak jadi ganas. Seringnya memang dianggap wasir padahal belum tentu," ujar dr Eko di Tangerang, Kamis (6/12).

Dr Eko mengatakan, tingkat kepedulian masyarakat terhadap kesehatan masih rendah. Penyakit yang seharusnya bisa diobati sejak awal, malah dianggap sebagai sesuatu yang wajar.

"Kalau di masyarakat, semua sakit perut dibilang maag. Kalau sakit perut bisa jadi tanda kanker usus besar terutama yang menyumbat usus. Kalau stadium awal memang tidak ada keluhannya," jelasnya.



Sumber: ANTARA
CLOSE