roti tawar putih
Roti tawar bisa dibentuk sesuka hati tanpa harus mengacu bentuk seperti di toko.

Menjadikan roti tawar sebagai menu sarapan tak lagi sesuatu yang jarang. Kini banyak rumah tangga yang tak lagi makan nasi pada saat sarapan.

Demi alasan praktis, sering kali banyak keluarga membeli roti tawar di toko roti. Padahal membuat roti tawar sendiri cukup mudah dilakukan.

Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Tak perlu rumit-rumit
Mulailah dengan resep dasar, seperti 2 sdm yeast (ragi), 4 hingga 5 gelas tepung terigu, 2 gelas air, dan 1 sdt garam.

Langkah 2: Campur air dan ragi
Dalam sebuah mangkuk besar, tuang air dan masukkan ragi, aduk hingga larut.

Langkah 3: Masukkan garam dan tepung.
Masukkan garam dan sekitar 1 cangkir tepung terigu, aduk merata. Masukkan sisa terigu sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi terlalu liat untuk diulenin. Kemudian bentuk menjadi semacam bola.

Langkah 4: Pukul-pukul adonan.
Pukul dan banting-bantingkan adonan ke talenan selama 10 menit supaya semua bahan tercampur rata. Kemudian masukkan adonan ke sebuah mangkuk yang besar dan biarkan mengembang selama sekitar 1 jam.

Langkah 5: Bentuk adonan.
Bentuk adonan seperti yang Anda suka. Kemudian perciki loyang dengan larutan mentega cair untuk mencegah adonan lengket saat dipanggang.

Langkah 6: Mulailah panggang.
Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius dan panggang adonan selama 30 menit. Saat itulah roti seharusnya terlihata kecoklatan dan terdengar kosong saat Anda ketuk bagian luarnya. Tunggu 15-30 menit sebelum Anda memotongnya.


Penulis: