Dortmund vs Monaco Digelar Sehari Setelah Ledakan, Ini Jawaban UEFA i

Sejumlah pemain Dortmund termasuk striker asal Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang (kiri), setelah pengumuman penundaan pertandingan menyusul ledakan yang menghantam bus tim sekitar 10 km dari stadion menjelang laga perempat final Liga Champions melawan Monaco di Dortmund, Jerman, 11 April 2017.

Oleh: Jaja Suteja / JAS | Kamis, 13 April 2017 | 19:49 WIB

Dortmund - Merespons tudingan miring soal pertandingan tunda Borussia Dortmund menjamu AS Monaco, Rabu (12/4) atau Kamis dini hari WIB, UEFA akhirnya buka suara. Badan sepakbola Eropa ini mengaku tak pernah mendapat kabar bahwa kedua tim keberatan laga diundur hanya sehari setelah bus tim Dortmund terkena ledakan.

Laga pertama perempat final Liga Champions ini seharusnya digelar sehari sebelumnya. Namun diundur karena bus tim Borussia Dortmund dihantam ledakan saat dalam perjalanan menuju Stadion Signal Iduna Park, Selasa (11/4).

Bek Dortmund, Marc Bartra, menjadi korban dalam kejadian ini. Dia harus menjalani operasi pergelangan tangan kanan yang cedera terkena jendela bus yang hancur.

Pelatih Dortmund, Thomas Tuchel, smpat menyatakan timnya butuh waktu lebih banyak untuk bisa pulih dari kejadian yang sangat mengejutkan ini. Dia juga menyebut keputusan UEFA mengundurkan pertandingan hanya sehari setelah kejadian sebagai hal yang “absurd”.

Sokratis Papastathopoulos bek Dortmund berkomentar lebih keras lagi. Pemain asal Yunani tersebut merasa pemain Dortmund diperlakukan seperti binatang. Sementara pelatih AS Monaco, Leonardo Jardim, mengakui sulit bagi para pemain untuk berkonsentrasi dalam pertandingan setelah kejadian yang sangat mengejutkan itu.

Laga ini dimenangkan tim tamu Monaco 3-2. Monaco unggul melalui dua gol Kylian Mbappe dan gol bunuh diri Sven Bender. Dortmund bangkit pada babak kedua dan membalas melalui aksi Ousmane Dembele dan Shinji Kagawa.

UEFA pun memberikan klarifikasi atas tudingan ini. Badan sepakbola Eropa ini menyatakan kedua klub dilibatkan dalam keputusan ini. Tak ada satu tim pun yang menyatakan tidak bisa tampil dalam partai tunda tersebut. Dengan kata lain, UEFA tak mendapat informasi bahwa ada salah satu pihak yang keberatan laga ini diundur hanya sehari setelah kejadian yang mengguncang pasukan Dortmund itu.

“Keputusan menggelar pertandingan Liga Champions antara Borussia Dortmund dan AS Monaco FC pada Rabu pukul 18.45 diambil Selasa malam di Stadion BVB (Stadion Signal Iduna Park, kandang Borussia Dortmund) setelah kesepakatan penuh antara klub-klub dan pihak berwenang,” kata UEFA dalam penyataan mereka.

“UEFA terus berhubungan dengan semua pihak terkait hari Rabu dan tak pernah mendapat informasi apa pun yang mengindikasikan tim-tim ini tak mau bermain,” ujar pihak UEFA.




Sumber: Goal
ARTIKEL TERKAIT