Liga Champions, Real Madrid vs Bayern Muenchen

Preview Liga Champions: Lawan Muenchen, Madrid di Atas Angin

Liga Champions, Real Madrid vs Bayern Muenchen (Istimewa)

Siaran Langsung Rabu (19/4) Pukul 01.45 WIB

Madrid – Real Madrid memang sukses memetik kemenangan 2-1 saat tandang ke Bayern Muenchen pada perempat final pertama Liga Champions, Rabu (12/4) lalu. Ini jelas modal besar bagi Los Merengues untuk melaju ke semifinal.
Apalagi kemenangan ini dipetik di kandang Muenchen, Stadion Allianz Arena. Satu gol tandang sama nilainya dengan dua gol kandang.

Namun pertandingan belum selesai. Tiket empat besar belum benar-benar di tangan. Masih ada 2x45 menit laga di Stadion Santiago Bernabeu, Selasa (18/4) atau Rabu dini hari WIB. Meski di atas angin, Madrid tetap harus waspada.

Muenchen kini memiliki Robert Lewandowski yang kehadirannya sangat bisa membuat perbedaan. Dalam laga pertama, penyerang asal Polandia ini absen karena cedera. Tempatnya sebagai penyerang diisi Thomas Mueller.

Kini eks striker Borussia Dortmund tersebut telah pulih dan bakal turun sebagai starter. Kehadirannya tentu saja harus diwaspadai barisan belakang Real Madrid yang kembali tak akan diperkuat bek tengah oleh Raphael Varane dan Pepe yang harus absen akibat cedera.

“Lewandowski OK. Kemarin dia berlatih dengan tim dan kondisinya bagus,” ujar pelatih Bayern Muenchen, Carlo Ancelotti.

“Tentu saja kehadiran Lewandowski akan membantu kami namun kami tak akan mengubah permainan kami. Kami akan bermain seperti yang sudah kami mainkan sepanjang tahun,” papar pelatih asal Italia ini.

“Dia pemain besar yang mencetak banyak gol untuk kami dan kehadirannya memberikan kepercayaan diri bagi kami,” imbuh Ancelotti.

Seperti ketika tampil pekan lalu, Madrid akan mengusung formasi 4-3-3 dengan menurunkan Nacho dan Sergio Ramos di jantung pertahanan. Mereka akan didampingi Dani Carvajal di sisi kanan serta Marcelo di sisi kiri barisan belakang.

Keempat pemain ini harus menampilkan performa terbaik dengan hadirnya Lewandowski di kubu Bayern. Lengah sedikit saja, mantan pemain Lech Poznan ini bisa menghukum mereka dengan golnya.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, telah memastikan mereka bakal turun tanpa Gareth Bale yang tak bisa beraksi akibat cedera betis. Isco akan menggantikan peran pemain asal Wales itu.

Dia akan menemani Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema di lini depan. Trio ini bakal ditopang barisan gelandang Casemiro, Toni Kroos, dan Luka Modric.

Bermain di kandang sendiri dan berbekal keunggulan di markas lawan, Zidane sangat optimistis bisa kembali memetik kemenangan. Dia mengaku tahu kelemahan lawan.

“Bayern punya skuat brilian di segala lini. Kami tahu mereka punya banyak pemain berkualitas namun seperti halnya tim lain mereka juga punya titik lemah,” ujar Zidane.

“Kami harus bermain dengan cara kami, mempersiapkan diri sebagus ketika menghadapi laga pertama dan kami tak akan bersandar pada kemenangan kami (di leg pertama). Melawan Bayern merupakan laga besar yang akan dimenangkan dengan persiapan hingga detail kecil,” ujarnya lagi.

Di kubu Muenchen, Ancelotti tak bisa memasang bek tengah Javi Martinez yang diganjar kartu merah pada leg pertama. Kondisi Mats Hummels dan Jerome Boateng juga meragukan. Hari Senin, kedua bek tengah andalan ini masih berlatih terpisah.

Kondisi ini kemungkinan akan membuat Ancelotti melakukan banyak perubahan di lini belakang. Dia mungkin akan menggeser David Alaba yang semula bek kiri ke tengah untuk berduet dengan Xabi Alonso. Sementara posisi bek kiri akan diisi Juan Bernat. Barisan pertahanan ini tak boleh lagi lengah membiarkan Ronaldo mendapatkan ruang tembak.

Kapten Portugal itu menjadi bencana bagi Muenchen pada pertandingan pertama di Allianz. Gol Arturo Vidal yang sempat membawa tuan rumah unggul menjadi sia-sia karena Ronaldo mencetak dua gol dan membalikkan keadaan. Muenchen pun mendapat malu di kandang sendiri.

“Kami harus tampil sangat bagus untuk bisa lolos. Kami memiliki peluang lebih sedikit dibanding pekan lalu namun kami tetap punya peluang. Saya pernah dua tahun di sini (melatih Madrid) dan saya memiliki kenangan tak terlupakan sejak saat itu,” papar Ancelotti yang sukses membawa Madrid menjuarai Liga Champions musim 2013/14.

Ancelotti kemungkinan akan mengubah formasi permainan dari biasanya 4-2-3-1 menjadi 4-2-2-2. Eks pelatih Paris Saint Germain ini akan menempatkan Lewandowski dan Mueller sebagai duet di lini depan. Mereka akan ditopang Arjen Robben, dan Franck Ribery. Lalu di belakangnya lagi ada Thiago Alcantara dan Arturo Vidal. Posisi kiper akan kembali dipercayakan kepada Manuel Neuer.

Real Madrid sangat layak diunggulkan dalam pertandingan ini. Selain akan bertindak sebagai tuan rumah, mereka juga berbekal catatan positif.

Pasukan Zidane tak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir di Bernabeu dan hanya sekali kalah di kandang sepanjang musim ini. Los Blancos juga menang dalam lima dari enam laga kandang terakhir melawan Bayern. Kemenangan di Muenchen juga menunjukkan ketangguhan pemegang 11 gelar Liga Champions ini.

Ancelotti mengistirahatkan banyak pemain intinya saat bermain imbang tanpa gol melawan Bayer Leverkusen akhir pekan lalu. Maksudnya jelas. Dia ingin para pilarnya ini dalam kondisi bugar saat melawan Madrid karena mereka butuh unggul dengan selisih dua gol untuk bisa melaju ke semifinal.

Sebuah tugas yang sangat berat. Apalagi mereka akan tampil di depan puluhan ribu pendukung tuan rumah.

Perkiraan susunan pemain:

Real Madrid (4-3-3)
K: 1. Keylor Navas
B: 2. Dani Carvajal, 6. Nacho, 4. Sergio Ramos, 12. Marcelo
T: 19. Luka Modric, 14. Casemiro, 8. Toni Kroos
D: 22. Isco, 9. Karim Benzema, 7. Cristiano Ronaldo

Bayern Muenchen (4-2-3-1)
K: 1. Manuel Neuer
B: 21. Philipp Lahm, 17. Jerome Boateng, 27. David Alaba, 18. Juan Bernat
T: 14. Xabi Alonso, 23. Arturo Vidal
T: 10. Arjen Robben, 6. Thiago Alcantara, 7. Franck Ribery
D: 8. 9. Robert Lewandowski

Pertandingan Terakhir Real Madrid
13/03/17 La Liga Real Madrid 2-1 Real Betis
18/03/17 La Liga Athletic Bilbao 1-2 Real Madrid
02/04/17 La Liga Real Madrid 3-0 Deportivo Alaves
06/04/17 La Liga Leganes 2-4 Real Madrid
08/04/17 La Liga Real Madrid 1-1 Atletico Madrid
13/04/17 Liga Champions Bayern Muenchen 1-2 Real Madrid
15/04/17 La Liga Sporting Gijon 2-3 Real Madrid

Pertandingan Terakhir Bayern Muenchen
11/03/17 Bundesliga Bayern Muenchen 3-0 Eintracht Franfurt
19/03/17 Bundesliga Borussia Moenchengladbach 0-1 Bayern Muenchen
01/04/17 Bundesliga Bayern Muenchen 6-0 Augsburg
05/04/17 Bundesliga Hoffenheim 1-0 Bayern Muenchen
08/04/17 Bundesliga Bayern Muenchen 4-1 Borussia Dortmund
13/04/17 Liga Champions Bayern Muenchen 1-2 Real Madrid
15/04/17 Bundesliga Bayer Leverkusen 0-0 Bayern Muenchen

Head to Head
04/08/16 Uji Coba Bayern Muenchen 0-1 Real Madrid
06/08/15 Uji Coba Bayern Muenchen 1-0 Real Madrid
30/04/14 Liga Champions Bayern Muenchen 0-4 Real Madrid
24/04/14 Liga Champions Real Madrid 1-0 Bayern Muenchen
26/04/12 Liga Champions Real Madrid 2-1 Bayern Muenchen
18/04/12 Liga Champions Bayern Muenchen 2-1 Real Madrid
13/04/17 Liga Champions Bayern Muenchen 1-2 Real Madrid






Jaja Suteja/JAS

Sportinglife