Real Madrid ke Semifinal dan Torehkan Rekor i

Pemain Real Madrid, Luka Modric (kiri), Sergio Ramos (tengah), dan Cristiano Ronaldo merayakan lolosnya mereka ke semifinal Liga Champions setelah mengalahkan Bayern Muenchen, 4-2, Selasa, 18 April 2017.

Oleh: Jaja Suteja / JAS | Rabu, 19 April 2017 | 06:08 WIB

Madrid – Kemenangan 4-2 yang diraih Real Madrid saat menjamu Bayern Muenchen, Selasa (18/4) tak cuma membawa raksasa Spanyol itu melaju ke semifinal Liga Champions namun juga menorehkan beberapa rekor.

Pertandingan memang berjalan menegangkan. Meski tertinggal pada laga pertama di kandang sendiri di Stadion Allianz pekan lalu, Bayern Muenchen pantang menyerah hingga menit terakhir.

Mereka bahkan mampu unggul lebih dulu lewat gol dari titik penalti yang dilesakkan Robert Lewandowski pada menit ke-53. Wasit menunjuk titik putih setelah Arjen Robben dijatuhkan Casemiro di kotak penalti.

Real Madrid menyamakan skor pada menit ke-76. Publik Santiago Bernabeu sudah siap berpesta merayakan lolosnya mereka. Namun tiga menit setelah gol Ronaldo, bek sekaligus kapten Real Madrid, Sergio Ramos membuat gol bunuh diri. Upayanya menyapu bola justru menyebabkan bola melesak ke gawang sendiri.

Muenchen harus bermain dengan 10 orang setelah Artuto Vidal mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-84. Pertandingan harus dilanjutkan babak tambahan karena skor agregat kedua tim imbang 3-3.

Namun babak tambahan benar-benar menjadi milik tuan rumah. Ronaldo mencetak hat-trick melalui golnya pada menit ke-105 dan 110. Gol keempat Los Merengues yang dicetak Marco Asensio delapan menit menjelang babak tambahan usai, benar-benar menghabisi perlawanan Muenchen. Madrid pun menang agregat dengan skor telak 6-3.

Lolosnya Madrid ke empat besar menjadi rekor karena inilah untuk ketujuh kalinya Los Blancos mampu melaju ke semi final Liga Champions secara beruntun. Belum ada klub lain yang mampu mencapai prestasi serupa dalam sejarah sepakbola modern.
Barcelona mencapai semifinal enam kali beruntun antara 2008-2013, sementara Bayern melakukan hal serupa lima kali berturut-turut antara 2012-2016.

Rekor lain juga dicetak Ronaldo. Tiga gol yang dilesakkannya ke gawang Manuel Neuer menggenapkan golnya di ajang Liga Champions menjadi 100. Pesaing terdekatnya adalah penyerang Barcelona Lionel Messi. 

Ini merupakan hat-trick keenam Ronaldo di Liga Champions. Messi masih memimpin daftar pencetak hat-trick di Liga Champions yakni tujuh kali.

Pemain asal Argentina itu bisa menyamai rekor 100 gol Ronaldo jika mampu mencetak enam gol saat menjamu Juventus di perempat final kedua, Rabu (19/4) atau Kamis dini hari WIB. Pada pertemuan pertama di Turin pekan lalu, Barca menyerah 0-3. Pasukan Luis Enrique butuh keajaiban lagi seperti ketika menyisihkan Paris Saint Germain di babak 16 besar.

Selain Juventus melawan Barcelona, tiket semifinal tersisa akan diperebutkan Monaco dan Dortmund. Dalam laga pertama di Dortmund, Monaco menang 3-2. Partai ini ditunda sehari lantaran bom yang menghantam bus rombongan tim Dortmund saat perjalanan dari hotel menuju Stadion Signal Iduna Park.






Sumber: UEFA
ARTIKEL TERKAIT