PHRI Antisipasi Penurunan Okupansi

PHRI Antisipasi Penurunan Okupansi
Ilustrasi hotel. ( Foto: BSMH/Defrizal )
/ FER Jumat, 9 November 2018 | 16:19 WIB

Palembang - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan (Sumsel), mengimbau anggotanya mengantisipasi penurunan tingkat hunian atau okupansi hotel di akhir tahun 2018.

"Penurunan tingkat hunian perlu diantisipasi, kami mendorong anggota meningkatkan hunian hotel dengan membuat penawaran paket khusus pada momentum tertentu, seperti menghadapi Tahun Baru 2019," kata Ketua PHRI Sumsel, Herlan Aspiudin, di Palembang, Jumat (9/11).

Menurut Herlan, penawaran paket khusus yang biasa dilakukan sejumlah pengelola hotel anggota PHRI di provinsi ini merupakan langkah yang bagus dan perlu dikemas lebih menarik.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pada penghujung tahun biasanya merupakan bulan-bulan yang cukup sepi karena berbagai aktivitas yang biasa diselenggarakan di hotel mengalami penurunan sehingga berdampak pada tingkat hunian hotel.

Guna mencegah tingkat hunian hotel agar tidak anjlok, pengelola hotel harus kreatif, seperti membuat paket acara pesta tahun baru dan potongan harga khusus kepada masyarakat yang akan menginap di hotel menikmati liburan akhir tahun, katanya.

Dia menjelaskan, dengan adanya program penawaran paket khusus pada momentum tertentu tersebut, tingkat hunian hotel di daerah ini biasanya cukup bagus di atas 60 persen.

Hotel berbintang di Kota Palembang sekarang ini mulai menyiapkan sejumlah acara hiburan menyambut pergantian tahun dengan mendatangkan artis dari Jakarta.

"Untuk menarik minat masyarakat menikmati pesta pergantian tahun 2018 ke 2019 di hotel, paket hiburan dan menginap di hotel disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masyrakat," kata Herlan.



Sumber: ANTARA
CLOSE