Ilustrasi sakit pada saat menstruasi
Hormon yang mengendalikan haid bisa dipengaruhi sejumlah faktor.

Ada banyak alasan mengapa haid Anda terlambat. Banyak faktor dalam kehidupan yang bisa mempengaruhi datang bulan Anda. Berikut lima hal yang bisa mempengaruhi jadwal haid Anda jadi terlambat.

1. Stres
Seperti yang banyak orang ketahui, stres bisa menyebabkan kekacauan dalam tubuh. Terutama hormon. Inilah yang menjadikan sejumlah perempuan menjadi terlambat datang bulan karena tengah mengalami stress. Memang sulit untuk mengatasi stress, namun coba untuk lebih rileks dalam menghadapi hidup.

2. Olahraga
Banyak atlet perempuan mengalami amenorrhea (tertundanya menstruasi). Latihan yang intes dan penurunan berat badan yang cepat bisa mempengaruhi datang bulan Anda. Jika Anda baru saja melakukan olahraga keras atau kehilangan sejumlah berat dalam waktu singkat, Anda cenderung akan mengalami keterlambatan jadwal haid.

3. Pengendali kehamilan
Menggunakan alat-alat pengendali kehamilan atau KB adalah alasan lainnya Anda terlambat datang bulan. Beberapa produk pengendali kehamilan didesain untuk menyebabkan perempuan tidak datang bulan atau menjadi tiga bulan sekali. Lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengunakan pengendali kehamilan.

4. Hamil
Tentu saja alasan utama Anda bisa terlambat haid adalah karena Anda hamil. Jika haid Anda cukup terlambat agak lama, tidak ada salahnya Anda membeli alat tes kehamilan untuk melakukan pengecekan.

5. Masalah tiroid
Masalah tiroid juga bisa berefek pada hormon-hormon yang mengontrol haid Anda. Banyak perempuan memiliki gangguan tiroid yang dinamakan hipotiroid, yaitu kondisi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Gejalanya adalah sensitif pada dingin, sembelit, kulit pucat, bertambah berat badan, depresi, dan terlambat datang bulan.

Penulis:

Sumber:Allwomenstalk