Menkominfo Jadikan Yogyakarta Pusat Persiapan SDM Digital

Menkominfo Jadikan Yogyakarta Pusat Persiapan SDM Digital

Jumat, 16 Oktober 2020 | 20:15 WIB
Oleh : Fuska Sani Evani / ALD

Yogyakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate ingin menjadikan Yogyakarta sebagai satu dari beberapa pusat persiapan sumber daya manusia (SDM) digital. Hal itu diungkapkan Johnny G Plate saat bertemu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Kepatihan Yogyakarta, Jumat (16/10/2020).

Kepada Sri Sultan, Menkominfo secara khusus membahas hal itu, termasuk percepatan digitalisasi dengan menyiapkan talenta digital, untuk generasi muda. Namun, di DIY masih terdapat 41 titik blank spot atau belum terjangkau internet 4G, terutama di wilayah Kabupaten Gunungkidul, dan ke depannya, kondisi itu harus segera diatasi.

“Pada 2022 mendatang, pemerintah pusat menjamin tidak ada lagi wilayah di Indonesia yang blank spot, khususnya di wilayah DIY,” katanya.

Menkominfo juga menyebutkan, pendekatan dari hulu ke hilir. Langkah percepatan pembangunan infrastruktur berupa akses internet ini pun telah dimulai.

“Artinya kami akan memeriksa wilayah pelayanan administrasi pemerintahan terdepan yakni desa dan kecamatan,” katanya.

Diketahui, sampai saat ini 12.548 desa di Indonesia masih belum terjangkau internet, dan 41 di antaranya berada di DIY. Sedang total desa yang dipercepat pembangunan internet di Indonesia sebanyak 82.218 desa.

“Kami berharap Kominfo dengan perusahaan komunikasi bisa bekerja sama dengan sungguh-sungguh sehingga seluruh desa, hingga 2022 mendatang 12.548 desa tersebut dapat mengakses internet, termasuk desa yang berada di wilayah DIY,” ujar Sri Sultan.

Menkominfo menambahkan, persiapan SDM digital sulit diraih apabila infrastruktur penunjang yakni akses internet tidak tersambung merata. Salah satunya kebutuhan pelajar saat ini merupakan akses internet yang memadai untuk kegiatan belajar via daring.

“Memang ada 41 titik di Yogya yang butuh layanan cepat 4G agar proses digitalisasi kegiatan belajar bisa dilakukan sesegera mungkin. Kami akan tindaklanjuti itu segera,” ucapnya.

Selain menyiapkan SDM digital, Menkominfo juga merencanakan digitalisasi aksara Jawa. Program tersebut merupakan proyek jangka panjang Kemkominfo sebagai upaya pengarsipan aksara Jawa secara digital.

Rencana digitalisasi aksara Jawa tersebut telah didiskusikan dengan Gubernur DIY dan saat ini sedang dalam proses. “Program ini sangat penting. Komunikasi ini tidak sederhana, karena berbicara dengan lembaga-lembaga internasional yang bekerja secara dekat bersama. Ya harapannya Desember tahun ini selesai Agar semua yang ada di prasasti dan budaya, dapat dilestarikan oleh generasi masa depan,” ujar Johnny.

Proses digitalisasi aksara, dikatakan bukan hanya pada aksara Jawa, tetapi juga bahasa ibu dari daerah lain.

Menanggapi itu, Sri Sultan HB X menyatakan bahwa Pemprov DIY sudah lama mengusulkan digitalisasi aksara Jawa, demi pelestarian bahasa ibu, termasuk bahasa daerah lainnya.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

PII Usul Platform Digital Kolaborasi Insinyur Sedunia Hadapi Pandemi

Platform kolaborasi bisa dijadikan para ahli bioengineering sedunia sebagai sarana pertukaran informasi genom virus Sars cov-2 di tiap negara.

NASIONAL | 17 Oktober 2020

Kerugian Akibat Cacat Produk, Produsen Pesawat Harus Bertanggung Jawab

Selama ini yang diatur adalah tanggung jawab operator terhadap pengguna jasa penerbangan, tetapi tanggung jawab produsen pesawat belum ada.

NASIONAL | 17 Oktober 2020

Bangun Networking Bisnis melalui Pertukaran Mahasiswa Nusantara

Pertukaran mahasiswa ini bukan hanya mempersiapkan tenaga profesional untuk masuk dunia kerja, tetapi juga mendorong mahasiswa menyiapkan bisnis sendiri.

NASIONAL | 16 Oktober 2020

Kota Semarang Bersiap Terima Vaksin

Prioritas yang diberikan vaksin adalah semua kelompok rentan masyarakat mulai usia 18 hingga 59 tahun, dan tenaga kesehatan.

NASIONAL | 17 Oktober 2020

Kirimkan Surat ke Pendeta Gilbert, John Kei: Saya Bertobat

John Refra alias John Kei, kembali menyatakan pertobatannya dari dunia kejahatan dan premanisme melalui surat yang dikirimkan ke pendeta Glbert Lumoindong.

NASIONAL | 17 Oktober 2020

Baznas Luncurkan Buku Pemberdayaan Peternak untuk Mustahik

Baznas meluncurkan buku pemberdayaan ternak untuk membantu meningkatkan ekonomi mustahik.

NASIONAL | 16 Oktober 2020

KPK Tinjau Ulang Rencana Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan

KPK memutuskan meninjau ulang pengajuan anggaran fasilitas mobil dinas untuk Pimpinan, Dewan Pengawas (Dewas) dan pejabat struktural.

NASIONAL | 16 Oktober 2020

Benny Susetyo: Jangan Mudah Terpancing Provokasi

Tiap ada pelanggaran konstitusi seharusnya masuk dalam judicial review atau uji materi lewat Mahkamah Konstitusi (MK).

NASIONAL | 16 Oktober 2020

Wapres: Vaksinasi Sejalan dengan Ajaran Islam

Vaksinasi merupakan bentuk upaya ikhtiar untuk mencegah terjadinya suatu penyakit.

NASIONAL | 16 Oktober 2020

Kasus Dibuka Lagi, Mabes Polri: Pemeriksaan Soenarko Memang Belum Tuntas

Menurut Karo Penmas Brigjen Awi Setiyono selama ini yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai tersangka sehingga pemenuhan pemberkasan perkaranya terpenuhi.

NASIONAL | 16 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS