Logo BeritaSatu

6 Cara Ini Bisa Dilakukan Saat Kepepet Butuh Dana

Selasa, 19 September 2017 | 00:00 WIB
Oleh : B1

Dalam hidup, pasti ada waktu di mana kita sangat butuh dana tambahan untuk berbagai keperluan. Bahkan terkadang sifatnya sangat mendesak. Namun, terkadang kita pun bingung bagaimana dan di mana mencari uang tersebut. Apalagi uang yang dibutuhkan mencapai jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

Dalam ilmu perencanaan keuangan, idealnya memang kita wajib memiliki dana darurat sebesar enam kali pendapatan. Dana itu bisa digunakan sewaktu-waktu saat kita membutuhkan. Namun, bila dana tersebut tidak ada, Anda harus tetap tenang dan berpikir dengan jernih. Berikut adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan:

Gunakan soft loan kantor
Bila Anda sudah bekerja selama bertahun-tahun, perusahaan biasanya memiliki dana yang bisa Anda pinjam setiap saat.
Menariknya, uang yang dipinjam tersebut bebas bunga. Cicilan pun bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. Namun, besar plafon atau besarnya pinjaman biasanya maksimal satu kali gaji pokok.

Contohnya, bila take home pay Anda mencapai Rp 7 juta, maka besar pinjaman yang diberikan tak mencapai Rp 7 juta. Karena itu,sayangnya soft loan ini tidak bisa menutupi kebutuhan biaya untuk keperluan besar yang nilainya mencapai puluhan atau ratusan juta rupiah.

Anti repot, ajukan pinjaman secara online
Siapa bilang pinjam uang di bank ribet dan memakan waktu lama. Perkembangan teknologi digital kini memungkinkan masyarakat mengajukan pinjaman dan mencairkannya hanya dalam satu hari. Fasilitas ini diberi nama pinjaman uang online.

Bila Anda adalah seorang karyawan yang telah bekerja lebih dari dua tahun, Anda bisa dengan mudah mengajukan pinjaman cepat melalui produk pinjaman tanpa agunan. Pinjaman ini cocok bagi Anda yang membutuhkan uang tunai dalam jumlah besar untuk digunakan berbagai kebutuhan. Mulai dari renovasi rumah, dana pendidikan, melangsungkan pernikahan, dan lainnya. Sebab plafon yang didapatkan hingga Rp 200 juta.

Contoh portal teknologi finansial yang bisa dikunjungi adalah CekAja.com. Karena tanpa perlu mendatangi kantor cabang masing-masing bank, Anda dapat membandingkan puluhan produk pinjaman dari bank terbaik dan sesuai kebutuhan.

Cek barang yang tidak terpakai dan layak jual
Barang bekas yang menumpuk di rumah bisa jadi harta karun bagi orang lain. Coba periksa sekeliling, apakah ada buku yang sudah tidak dibaca lagi, pakaian yang sudah tidak muat atau salah beli, sepatu, kosmetik hingga furnitur tak terpakai?

Untuk menguangkan barang-barang bekas itu, tak perlu lagi menjualnya ke tukang loak. Lagi-lagi melalui teknologi online, saat ini sudah banyak aplikasi dan web jual-beli barang bekas. Jika barang yang Anda jual memang berkualitas, bukan tak mungkin laku dalam hitungan jam bahkan menit dengan harga tinggi!

Gunakan mobil Anda
Setop! Jangan langsung berpikir bahwa poin ini akan mengarahkan Anda untuk jadi pengemudi transportasi online. Memang, banyak pemilik mobil saat ini menggunakan kesempatan untuk bergabung dengan taksi online karena nilai hasil yang diperoleh dianggap lumayan. Namun sebenarnya ada cara lain yang bisa Anda lakukan.

Apalagi Anda punya mobil pribadi dan rutin berkendara untuk urusan kantor. Coba daftarkan diri sebagai mitra perusahaan iklan. Sebab saat ini banyak perusahaan yang mau beriklan di mobil Anda. Apalagi mobilitas dan jarak yang Anda tempuh setiap hari cukup tinggi.

Untuk menjadi pengiklan caranya mudah. Cukup daftar melalui aplikasi car branding yang sedang marak. Asal tak keberatan mobil Anda ditutupi stiker iklan, nilai yang diperoleh bisa mencapai jutaan rupiah sekali kontrak.

Gadai barang berharga
Saat membutuhkan biaya besar untuk kebutuhan mendesak seperti pengobatan, menggadaikan barang berharga jadi keputusan yang baik. Barang berharga seperti surat kendaraan, sertifikat rumah atau perhiasan yang nilainya cukup besar.

Namun, bila tak punya barang yang cukup berharga untuk digadaikan, meminjam kredit tanpa agunan seperti yang dibutkan di atas adalah solusi yang tepat. Pasalnya, saat ini bank-bank di Indonesia memiliki fasilitas pinjaman yang bisa cair dalam sehari.

Gunakan kartu kredit
Selain sebagai alat pembayaran belanja, kartu kredit juga miliki fasilitas tarik tunai melalui ATM. Yang patut dipahami, ada biaya yang dikenakan. Namun keuntungannya sepadan karena kita bisa menarik uang di ATM semudah seperti menggunakan kartu debit.

Coba periksa kartu kredit Anda, bila sudah menggunakan PIN Anda bisa menarik uang di ATM bank penerbit kartu kredit kapan saja dan di mana saja. Namun, jumlah uang yang bisa ditarik dibatasi tergantung kebijakan tiap-tiap bank.

Fasilitas tarik tunai cocok untuk kebutuhan dana tambahan yang nilainya tidak terlalu besar. Tetapi bagaimana kalau kebutuhannya hingga ratusan juta rupiah? Pilihan kredit tanpa jaminan seperti yang dijelaskan di atas adalah pilihan bijak.
Jadi, yuk tentukan cara mana yang mau digunakan?



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CekAja.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gubernur BI Sebut Digitalisasi Efektif Bangkitkan UMKM

Gubernur BI Sebut Digitalisasi Efektif Bangkitkan UMKM

EKONOMI | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings