Rayakan HUT, DPR Gelar Pameran Foto “Warna-Warni Parlemen”

Rayakan HUT, DPR Gelar Pameran Foto “Warna-Warni Parlemen”
Pimpinan DPR RI didampingi oleh Sekjen DPR RI Meresmikan Pameran Foto Warna-Warni
/ RIX Kamis, 29 Agustus 2019 | 11:24 WIB

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo secara resmi membuka Pameran Foto Jurnalistik bertajuk “Warna-Warni Parlemen ke-8” yang memamerkan 101 foto hasil karya 31 pewarta foto, sebagai bentuk rangkaian HUT ke-71 DPR RI, bertema “Membangun Indonesia Unggul, Melalui Keterbukaan Parlemen”. Pameran yang berlangsung hingga 6 September ini, menjadi satu dari rangkaian kegiatan lainnya seperti Lomba Stand Up Comedy, Lomba Panjat Bambu Betung, Gowes Sehat Bersama Rakyat, hingga Pesta Rakyat Dangdut Pro-Rakyat.

Sebagai mantan jurnalis, Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR RI menilai sebuah karya foto jurnalistik sebagai hal yang sangat membantu pengungkapan sebuah fakta. Meski pada awal bekerja sebagai wartawan, sempat tidak memahami betul apa makna dibalik sebuah foto berita, namun dirinya mengaku senang apabila diajak fotografer yang memang ditugaskan untuk memotret, terutama jika di ditugaskan pada desk hiburan.

“Foto lebih banyak bicara daripada kata-kata, dan sangat membantu dalam mengungkapkan sebuah fakta, sebuah peristiwa, atau bahkan sebuah peristiwa di balik fakta. Untuk itu, kepiawaian juru foto sangat menentukan,” kata Bamsoet, dalam pidato pembukaan pameran di selasar Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Menjelang akhir masa jabatan periode 2014-2019, Legislator dapil Jawa Tengah VII ini mengatakan bahwa DPR RI telah melewati periode ini dengan aman, lancar dan kondusif. Dengan 10 Fraksi Partai Politik yang ada, Bamsoet menilai semuanya sudah bisa disatukan untuk tujuan bersama yakni meyejahterakan masyarakat Indonesia.

“Mudah-mudahan dalam 5 tahun mendatang perjalanan parlemen tetap seperti sekarang, dinamis tetapi tetap kondusif, kritis tetapi tetap terukur, bekerja keras tanpa pandang waktu, meski konfigurasi pendukung pemerintah dan di luar pemerintahan tidak jauh berbeda dengan sekarang ini,” imbuh politisi Partai Golkar ini.

Menutup sambutannya, Bamsoet menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada DPR RI dalam sebuah pantun. “Tanduk berisi di pohon padi, nasi nikmat dimakan hangat. Selamat ulang tahun DPR RI, semakin dekat di hati rakyat. Peluh keringat kita bekerja, dibawah temaram sinar lentera. Bertambah usia makin bersahaja, DPR RI buat rakyat makin sejahtera,” pungkas Bamsoet diiringi riuh tepuk tangan. (alw/sf)



Sumber: BeritaSatu.com