Presiden Nigeria Sangkal Rumor Sosok Tiruan

Presiden Nigeria Sangkal Rumor Sosok Tiruan
Presiden Nigeria Muhammadu Buhari ( Foto: Twitter / Twitter )
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 4 Desember 2018 | 19:01 WIB

Abuja-Presiden Nigeria Muhammadu Buhari membantah desas-desus bahwa ia telah meninggal dan telah digantikan oleh seorang yang mirip dirinya. Pada Senin (3/12), pria berusia 75 tahun itu memang tengah mengalami masalah kesehatan yang buruk sejak menjabat presiden pada 2015.

Pernyataan Buhari sekaligus membantah bahwa ia telah diganti dengan sosok ganda yang disebut "Jubril" asal Sudan telah banyak disebarkan secara daring. Tetapi Buhari yang berusia 75 tahun, malah sedang berambisi maju pemilihan umum lagi pada Februari tahun 2019.

Pada tahun 2017, Buhari sempat "cuti medis" di Inggris selama tiga bulan. Tapi setelah kembali ke Nigeria, dia mengaku baik-baik saja.

"Saya tidak pernah sakit," katanya.

Buhari juga tidak pernah mengungkapkan apa yang ia derita. Dia bersikeras dia sekarang dalam keadaan sehat.

Menurut penyelidikan Pemeriksaan Fakta AFP, rumor itu bermula akhir tahun lalu dan telah muncul di Facebook, Twitter dan YouTube. Pesan yang dipasang mempromosikan rumor itu dan telah dilihat lebih dari 500.000 kali.

AFP menemukan seorang mantan asisten pendahulu Buhari, Goodluck Jonathan, adalah salah satu individu profil tinggi yang telah mempromosikan desas-desus. Ada juga Nnamdi Kanu, pemimpin kelompok separatis Masyarakat Adat Biafra (Ipob), yang ikut memicu desas-desus itu.

Dalam satu contoh, Kanu menyebarkan dua gambar Buhari, salah satunya terbalik, untuk menuduh bahwa pemimpin Nigeria, yang tidak kidal, menggunakan tangan kirinya. Kebiasaan aneh itu "membuktikan" bahwa Buhari menampilkan sosok tubuh ganda.

Satu adegan dari film "Face / Off" 1997 juga telah digunakan oleh mereka yang mempromosikan rumor untuk menunjukkan bagaimana wajah Buhari yang mati bisa ditransplantasikan ke tubuh ganda.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE