Andry Rajoelina Menangi Pilpres Madagaskar

Andry Rajoelina Menangi Pilpres Madagaskar
Andry Rajoelina ( Foto: AP / Themba Hadebe )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 29 Desember 2018 | 09:03 WIB

Antananarivo- Andry Rajoelina telah dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden putaran kedua, menurut hasil sementara penuh yang dirilis pada Kamis (27/12) oleh komisi pemilihan umum Madagaskar.

Mahkamah Konstitusi Tinggi memiliki waktu sembilan hari sejak Kamis untuk memutuskan apakah akan mengkonfirmasi hasil sementara. Sementara Marc Ravalomanana pada hari Minggu menuduh Rajoelina telah melakukan penipuan.

Rajoelina memenangi 55,66 % suara, selisih cukup jauh dibandingkan dengan 44,34 % untuk Ravalomanana. Sementara menurut komisi pemilihan umum Madagaskar, jumlah pemilih hanya lebih dari 48 %.

Dua mantan presiden yakni Ravalomanana dan pria yang menggulingkannya dalam kudeta 2009, Rajoelina sebelumnya mengatakan akan menerima hasilnya. Pernyataan itu meningkatkan harapan akan hasil yang damai dan tidak ada pengulangan kekacauan politik yang terlihat hampir satu dekade lalu.

Rajoelina menghadiri pengumuman hasil komisi pada hari Kamis (27/12), sedangkan Ravalomanana tidak.

Madagaskar, negara pulau Samudra Hindia memiliki populasi sekitar 25 juta orang dan termasuk di antara yang termiskin di Afrika. Sekitar 80% populasi hidup dengan pendapatan kurang dari US$ 2 per hari.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE