Kenya Tangkap 9 Tersangka Penyerangan Hotel DusitD2

Kenya Tangkap 9 Tersangka Penyerangan Hotel DusitD2
Seorang tentara berlindung bersama warga saat ternyata serangan teror di hotel mewah DusitD2 di Nairobi, Kenya, Selas (15/1). ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 18 Januari 2019 | 08:07 WIB

Nairobi- Aparat keamanan Kenya menangkap sembilan tersangka terkait penyerangan hotel mewah DusitD2 di Nairobi. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (17/1), lima pelaku penyerangan yang menyerbu hotel pada Selasa (15/1) telah tewas.

Dikatakan, aparat keamanan kini masih melakukan perburuan besar untuk orang-orang yang telah membantu para pelaku penyerangan yang menewaskan 21 orang.
Palang Merah Kenya menyatakan setiap orang yang dilaporkan hilang sekarang telah dihitung.

Kepada surat kabar The Standard, tetangga tersangka mengatakan bahwa dia dan istrinya telah pindah ke rumah pada Oktober. Pasangan itu sangat tertutup dan telah menjual isi rumah mereka sebelum penyerangan. Mereka beralasan akan pindah dari Nairobi minggu ini.

Kelompok Islamis yang berbasis di Somalia al-Shabab menyatakan pihaknya berada di balik serangan berdarah tersebut. Al-Shabab menyebut serangan itu adalah "respons" terhadap keputusan kontroversial Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Pada Selasa, Presiden Uhuru Kenyatta mengatakan bahwa lima pengikut aliran radikal melakukan serangan itu, dan semuanya ditumpas oleh pasukan keamanan setelah pengepungan 19 jam.

"Tindakan tidak masuk akal ini adalah pengingat mengapa Amerika Serikat tetap bertekad dalam perjuangan untuk mengalahkan terorisme Islam radikal,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih menanggapi aksi teror ini.



CLOSE