Data Kotak Hitam Ethiopian Airlines Mirip dengan Lion Air

Data Kotak Hitam Ethiopian Airlines Mirip dengan Lion Air
Pesawat Boeing 737 milik Ethiopian Airlines meninggalkan bandara di Nairobi. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Senin, 18 Maret 2019 | 17:25 WIB

Addis Ababa, Beritasatu.com- Otoritas Etiopia menyatakan pada Minggu (17/3), bahwa data kotak hitam kecelakaan Ethiopian Airlines mirip memiliki kesamaan yang jelas dengan kecelakaan Lion Air. Hal itu terungkap dari analisis awal kotak hitam yang ditemukan dari puing-puing pesawat 10 Maret lalu.

“Itu adalah kasus yang sama dengan kecelakaan Indonesia (Lion Air). Ada kesamaan yang jelas antara dua kecelakaan sejauh ini,” kata juru bicara kementerian transportasi Etiopia Muse Yiheyis.

Kedua pesawat yang mengalami kecelakaan adalah Boeing 737 MAX 8, dan keduanya jatuh beberapa menit setelah lepas landas setelah pilot melaporkan masalah kontrol penerbangan. Kekhawatiran atas keselamatan pesawat menyebabkan otoritas penerbangan di seluruh dunia menangguhkan jenis Boeing 737 MAX 8. Tindakan ini memicu kerugian hingga miliaran dolar dari nilai pasar Boeing.

“Data berhasil dipulihkan. Baik tim Amerika dan tim kami (Etiopia) memvalidasinya. Menteri berterima kasih kepada pemerintah Prancis. Kami akan memberi tahu Anda lebih banyak setelah tiga atau empat hari,” tambah Yiheyis kepada Reuters.

Penyelidik sedang mencoba untuk menentukan mengapa pesawat jatuh ke satu lapangan tak lama setelah lepas landas dari Addis Ababa, mencari kemungkinan kesamaan dengan kecelakaan Lion Air pada Oktober yang menewaskan 189 orang.



Sumber: Suara Pembaruan