Militer Aljazair Desak Presiden Bouteflika Lengser

Militer Aljazair Desak Presiden Bouteflika Lengser
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 27 Maret 2019 | 16:27 WIB

Aljir,Beritasatu.com- Panglima militer Aljazair Ahmed Gaid Salah telah menyerukan agar Presiden Abdelaziz Bouteflika lengser dan dinyatakan tidak layak untuk memerintah Aljazair, Selasa (26/3). Desakan itu dilontarkan setelah berminggu-minggu protes terhadap keputusan kepala negara yang sakit untuk mendapatkan masa jabatan kelima.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Selasa (26/3), Letnan Jenderal Ahmed Gaid Salah menganggap tuntutan rakyat adalah sah dan bahwa kepresidenan harus dikosongkan. Dia juga menyerukan prosedur konstitusional yang akan melihat kepindahan presiden dengan alasan kesehatan.

Intervensi dramatis oleh kepala staf angkatan bersenjata adalah perkembangan terakhir setelah berminggu-minggu protes berkelanjutan di Aljazair. Awal bulan ini, Perdana Menteri Ahmed Ouyahia mengumumkan pengunduran dirinya dan digantikan oleh Menteri Dalam Negeri Noureddine Bedoui.

Meskipun kemudian membatalkan keputusan maju sebagai kandidat lagi, Bouteflika telah menunda pemilihan umum hingga April. Presiden berusia 82 tahun itu masih akan tetap berkuasa sampai konstitusi baru diadopsi, satu langkah yang secara efektif memperpanjang masa jabatannya saat ini.



Sumber: Suara Pembaruan