Kebakaran di Sudan Selatan, 33 Orang Tewas

Kebakaran di Sudan Selatan, 33 Orang Tewas
Ilustrasi kebakaran lahan. ( Foto: Antara / Nova Wahyudi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 8 Mei 2019 | 17:19 WIB

Juba, Beritasatu.com- Sedikitnya 33 orang tewas setelah kebakaran melanda empat desa di wilayah Bahr el Ghazal Barat, Sudan Selatan. Pada Selasa (7/5), juru bicara presiden Ateny Wek Ateny mengatakan ada 60 orang yang masih dalam kondisi kritis setelah kebakaran tersebut.

Menurut Ateny, kebakaran pada Minggu (5/5) itu diperburuk oleh angin kencang.

"Mereka yang terluka menerima obat-obatan yang tidak mencukupi mengingat kondisi daerah di mana insiden itu telah terjadi," kata Ateny.

Pada Selasa, (7/5). menteri informasi Negara Bagian Lol, Mathok Wal,mengatakan jago merah juga menghancurkan 138 rumah di desa-desa di Kabupaten Korok Timur dan membunuh 10.000 sapi.

Sudan Selatan telah terperosok dalam konflik antara pemerintah dan beberapa kelompok pemberontak sejak Desember 2013. Sektor-sektor seperti pasukan pertahanan sipil hanya mendapat sedikit anggaran nasional dan tidak mampu membiayai petugas pemadam kebakaran di tingkat pemerintah daerah.

Konflik berdarah telah menewaskan puluhan ribu orang dan mengungsi hampir 4 juta orang dari rumah mereka, termasuk lebih dari satu juta pengungsi yang telah melarikan diri ke negara-negara tetangga.



Sumber: Suara Pembaruan