Dituduh Korupsi, Menkeu Kenya Ditahan

Dituduh Korupsi, Menkeu Kenya Ditahan
Menteri Keuangan Kenya Henry Rotich ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 23 Juli 2019 | 19:23 WIB

Nairobi, Beritasatu.com-  Menteri Keuangan Kenya Henry Rotich dan 27 pejabat keuangan lainnya telah ditahan atas tuduhan korupsi. Menurut polisi, penangkapan juga terkait penipuan proyek bernilai jutaan dolar untuk membangun dua bendungan besar.

Pada Senin (22/7), Rotich dan kepala eksekutif otoritas lingkungan Kenya menyerahkan diri kepada polisi, beberapa jam setelah kepala jaksa penuntut negara itu memerintahkan penangkapan dan penuntutan.

“Mereka ditahan sekarang menunggu untuk dibawa ke pengadilan. Kami mencari pihak yang lain dan mereka semua akan dibawa ke pengadilan,” kata Kepala Kepolisian Kenya, George Kinoti.

Penangkapan Rotich menandai pertama kalinya menteri yang duduk di pemerintahan Kenya ditangkap atas tuduhan korupsi. Di Kenya, korupsi memang merajalela. Tuduhan terhadap Rotich berasal dari penyelidikan polisi atas penyalahgunaan dana dalam proyek bendungan yang diawasi oleh perusahaan konstruksi Italia CMC Di Ravenna.

Sebaliknya, Rotich membantah melakukan kesalahan dalam iklan surat kabar besar pada Maret lalu. Perusahaan juga membantah tuduhan yang sama.

Direktur Penuntutan Publik Kenya Noordin Haji mengatakan menteri keuangan dan terdakwa akan menghadapi delapan dakwaan, mulai dari berkonspirasi, hingga penipuan dan pelanggaran keuangan.

Menurut kontrak, proyek itu menelan biaya total US$ 450 juta (sekitar Rp7,04 triliun), tetapi perbendaharaan telah meningkatkan jumlah anggaran proyek ini sebesar US$ 164 juta (sekitar Rp 2,56 triliun) tanpa memperhatikan kinerja atau pekerjaan.



Sumber: Suara Pembaruan