Ketua KASN: Netralitas ASN Tanggung Jawab Kami

Ketua KASN: Netralitas ASN Tanggung Jawab Kami
Ilustrasi Pilkada 2020. (Foto: Antara)
Carlos KY Paath / CAR Senin, 6 Juli 2020 | 13:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapkan menjaga netralitas dalam pemilihan kepala daerah (pilkada). Terkait netralitas itu, Komisi ASN (KASN) bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Kerja sama dengan Bawaslu penting. Jadi dalam proses pilkada, pemilu dan sebagainya memang banyak pelanggaran, tapi netralitas ASN menjadi tanggung jawab kami,” kata Ketua KASN Agus Pramusinto saat rapat kerja dengan Komisi II DPR, di Ruang Rapat Komisi II, Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Agus menjelaskan pihaknya dan Bawaslu melakukan pertukaran informasi dan data. “Dalam kerja sama kami dengan Bawaslu, dilakukan pertukaran info dan data. Kami juga ingatkan terus soal netralitas,” ujar Agus.

Agus pun menyebut, “Kami lakukan pengawasan sama-sama dan selalu memonitor mengenai rekomendasi KASN ditindaklanjuti atau tidak. Sebab Bawaslu di provinsi, kabupaten, kota memiliki informasi, tapi kami hanya terbatas di pusat.”

Sementara itu, Anggot Komisi II Zulfikar Arse Sadikin mendukung adanya surat keputusan bersama (SKB) untuk memastikan netralitas ASN. Menurut Zulfikar, kebijakan pemerintah yang semakin menegaskan netralitas birokrasi tentu harus didukung. “ASN sudah sepatutnya untuk menjaga netralitas,” tegas Zulfikar.

Zulfikar menambahkan jabatan yang diraih ASN harus berdasarkan sistem meritokrasi yang dibangun. “Bukan karena ASN itu dekat dengan calon kepala daerah, punya hubungan dengan calon atau mendukung calon yang mestinya enggak boleh dilakukan,” ucap Zulfikar.



Sumber: BeritaSatu.com