1.621 Penumpang Mudik Gratis BPJS Ketenagakerjaan Diberangkatkan

1.621 Penumpang Mudik Gratis BPJS Ketenagakerjaan Diberangkatkan
Ratusan pemudik berkerumun di depan bus sambil menunggu pemberangkatan dari KBN Cakung, Jakarta Utara menuju titik lokasi kumpul di Kemayoran, Sabtu 2 Juli 2017. ( Foto: SP/Carlos Roy Fajarta Barus )
Carlos Roy Fajarta / WBP Sabtu, 2 Juli 2016 | 13:26 WIB

Jakarta- Para penumpang program 'Mudik Asik Bersama BPJS Ketenagakerjaan' yang diberangkatkan dari Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Jakarta Utara dikumpulkan terlebih dahulu di Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Sabtu (2/7). Total ada sebanyak 1.621 pemudik dengan 30 armada bus yang diberangkatkan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cilincing dan Kelapa Gading.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cilincing, Denny Yus Yulian mengatakan sebelum diberangkatkan menuju empat kota yakni Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya, bus-bus tersebut akan berkumpul terlebih dahulu di Kemayoran, Jakarta Pusat. "Setelah dilepas oleh Wali Kota Jakarta Utara nanti akan diberangkatkan bersamaan dengan ratusan bus lainnya yang akan dilepas langsung oleh bapak Gubernur DKI Jakarta," ujar Denny, di area parkir KBN Cakung, Jakarta Utara, Sabtu (2/7).

Ia mengungkapkan bus yang diberangkatkan tersebut akan melewati tiga jalur utama, yakni Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura), Jalur Tengah Jawa, dan Jalur Selatan Jawa sesuai kota tujuannya masing-masing. "Pekerja yang diberangkatkan hari ini berasal dari Kelapa Gading dan Cilincing, namun memang lebih banyak para pekerja garmen di KBN Cakung, mereka sudah mendaftar sejak jauh-jauh hari sehingga saat diberangkatkan hari ini sudah tinggal berangkat saja," katanya.

Menurutnya, untuk mengikuti program 'Mudik Asik bersama BPJS Ketenagakerjaan' tidak ada batas minimal lama pekerjaan. Cukup memberikan fotokopi kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan formulir pendaftaran mudik gratis. "Satu pekerja diperbolehkan membawa maksimal 4 anggota keluarganya," tambahnya.

Sementara Dantim (Komandan Tim) Satlantas Wilayah Jakarta Utara, Aiptu Tumar‎, mengatakan pihaknya mengerahkan empat unit motor besar patwal untuk mengawal puluhan bus program mudik gratis BPJS Ketenagakerjaan. "Jalurnya akan kita lewati menggunaan pertigaan Cilincing, Pos 9 Pelabuhan, melewati terminal, Jembatan Goyang, dan kemudian melewati Benyamin Sueb ke arah Kemayoran," kata Tumar.

Sumber: Suara Pembaruan