Demokrat Hormati Hak Politik Ruhut Jadi Timses Ahok-Djarot

Demokrat Hormati Hak Politik Ruhut Jadi Timses Ahok-Djarot
Ruhut Sitompul ( Foto: Antara/Hafidz Mubarak A )
Carlos KY Paath / WBP Rabu, 5 Oktober 2016 | 12:52 WIB

Jakarta – Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat (FPD) Ruhut Sitompul masuk dalam Tim Sukses (timses) pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot). Ruhut yang mantan koordinator juru bicara (jubir) Partai Demokrat (PD) dipercaya sebagai jubir Timses Ahok – Djarot.

Ketua Divisi Komunikasi Publik PD, Imelda Sari mengatakan, Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghormati perbedaan pendapat di internal sepanjang belum menjadi garis partai. “Namun jika sudah menjadi garis partai, maka kader wajib menjalankan instruksi pimpinan partai untuk memenangkan seluruh paslon kepala daerah yang diusung Partai Demokrat,” kata Imelda, Rabu (5/10).

Diketahui, PD mengusung Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017. Selain PD, Agus – Sylviana juga diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN). “Dalam politik kita tahu ada etika. Secara etika tentu kami hormati hak politik saudara Ruhut untuk menjadi timses Ahok apalagi menjadi juru bicara,” ujar Imelda.

Namun dia menyatakan, secara organisasi sesuai kode etik dan AD/ART, mekanisme partai sedang berjalan. “Komisi Pengawas Partai Demokrat sedang memproses masalah ini. Sebelumnya sudah ada panggilan kepada saudara Ruhut dari Komisi Pengawas, namun belum dipenuhi. Dalam satu dua hari ini rekomendasi dari Komisi Pengawas akan diberikan kepada pimpinan Partai Demokrat. Kita tunggu saja,” kata dia.



Sumber: Suara Pembaruan