Tebing Longsor Tewaskan Pemancing di Bogor

Tebing Longsor Tewaskan Pemancing di Bogor
Petugas BPBD Kota Bogor tengah melakukan evakuasi Kusnandi (65) yang tertimbun material longsor di Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin, 27 Februari 2017. ( Foto: Suara Pembaruan/Vento Saudale )
Vento Saudale / PCN Senin, 27 Februari 2017 | 19:57 WIB

Bogor - Tebing setinggi 20 meter di bantaran Kali Cibogor Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, longsor dan menimpa gubuk di kolam pemancingan yang ada di bawahnya, Senin (27/2) sore. Udin Saprudin (62), warga Kota Bogor ditemukan tewas setelah sempat tertimbun material longsor selama kurang lebih satu jam.

Kakak ipar korban, Kusnandi (65) menuturkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15:00 WIB. Saat itu, korban bersama beberapa rekannya tengah memancing ikan di kolam pemancingan umum milik Haji Jaka.

“Kejadian pas hujan sudah mulai reda, tapi masih gerimis. Tiba-tiba itu tebing yang di atas gubuk langsung longsor. Nah pas kejadian itu, adik ipar saya lagi ada di gubuk sendirian, terus langsung ketimpa,” katanya ditemui di lokasi.

Korban tinggal di Kampung Keramat, Kelurahan Panaragan RT 04/RW 01, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Kata dia, ketika kejadian adik iparnya tengah memancing,

"Lagi pegang joran, sudah saya kasih peringatan supaya jangan di situ karena sisi sebelah barat tersebut tepat di bawah tebing. Sedangkan saya bersama yang lain berada di seberangnya," katanya.

Pantauan di lokasi kejadian, pemancingan umum milik Haji Jaka tersebut memang berada tepat di bawah tebing setinggi 20 meter dan berjarak hanya sekitar delapan meter dari bibir sungai. Di atas tebing curam tersebut, banyak bangunan rumah yang dihuni warga sejak lama dengan kondisi yang mengkhawatirkan.

Pascalongsor, petugas BPBD Kota Bogor dan polisi melakukan penggalian. Jenazah baru dapat ditemukan sekitar pukul 16.00 WIB atau satu jam setelah kejadian.



Sumber: Suara Pembaruan