Anggaran Dua Fly Over Dicoret di KUA-PPAS DKI 2019

Anggaran Dua Fly Over Dicoret di KUA-PPAS DKI 2019
Flyover Bintaro Permai. ( Foto: Antara / Rivan Awal Lingga )
Lenny Tristia Tambun / JAS Rabu, 28 November 2018 | 20:49 WIB

Jakarta - Tahun depan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI hanya akan membangun tiga jalan layang (flyover-FO). Karena anggaran dua FO lainnya dicoret saat pembahasan anggaran di Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Harry Hamdani mengatakan awalnya pihaknya mengusulkan pembangunan lima FO di Jakarta. Ternyata Banggar hanya menyetujui pembangunan tiga FO tersebut.

“Iya ada dua. Yang dihapus cuma FO yang di Bintaro sama Latumenten. Kan ada lima FO, yang disetujui hanya tiga FO yang akan dibangun dengan skema multiyears atau tahun jamak. Rencana pembangunannya dua tahun,” kata Harry, Rabu (28/11).

Tiga flyover itu akan dibangun di Tanjung Barat, Jakarta Selatan; Cakung, Jakarta Timur; dan Sunter Permai, Jakarta Utara. Ketiga FO tersebut dibangun untuk mendukung operasional jalan tol sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi Tahun 2018-2029.

“Karena ada Perpres itu, pembangunan ketiga FO itu harus disegerakan,” ujarnya.

Dalam rancangan APBD DKI 2019, pembangunan flyover Tanjung Barat dialokasikan Rp 103,2 miliar, sementara anggaran pembangunan flyover Cakung Rp 90,9 miliar, dan flyover Sunter Permai Rp 87,3 miliar.

Anggaran itu sudah disetujui oleh Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta dalam rapat pada Selasa (27/11) kemarin.



Sumber: BeritaSatu.com