Intensitas Hujan Tinggi, Tanggul Pompa Dewa Ruci di Jakut Ambruk

Intensitas Hujan Tinggi, Tanggul Pompa Dewa Ruci di Jakut Ambruk
Kondisi tanggul rumah pompa Dewa Ruci, Cilincing, Jakarta Utara yang ambruk karena diguyur hujan Selasa (5/3/2019). ( Foto: Istimewa )
Carlos Roy Fajarta / WBP Rabu, 6 Maret 2019 | 13:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Intensitas hujan yang tinggi di Jakarta dalam beberapa hari terakhir tidak hanya membuat genangan, tapi juga tanggul rumah pompa Dewa Ruci di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara ambruk pada Selasa (5/3/2019).

Haris (45) salah satu warga menyebutkan tanggul pompa sepanjang 100 meter dengan ketinggian dua meter tersebut sudah ambruk sejak kemarin akibat guyuran hujan yang terjadi terus-menerus. "Petugas sudah membuat patok-patok kayu untuk menahan sementara dinding tanggul lainnya," ujar Haris, di lokasi area sekitar tanggul, Rabu (6/3/2019).

Ia menyebutkan, petugas di lokasi juga berupaya menghidupkan mesin pompa agar air tidak mencapai ketinggian yang menyebabkan bagian tanggul lainnya mengalami longsor. "Sepertinya ambruk setelah tidak mampu menahan kebocoran air dari saluran air di jalan raya Cilincing ini," tambah Haris.

Sementara petugas rumah pompa Dewa Ruci, Rachmadani Cahyo menyebutkan kemungkinan longsor kembali terjadi sangat besar jika hujan terus mengguyur di lokasi longsor tersebut. "Rumah pompa ini berfungsi untuk memompa genangan air dari permukiman warga di Cilincing," kata Cahyo.



Sumber: Suara Pembaruan