5.000 Personel Gabungan Amankan Debat Cawapres

5.000 Personel Gabungan Amankan Debat Cawapres
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono ( Foto: Beritasatu TV )
Bayu Marhaenjati / FER Jumat, 15 Maret 2019 | 18:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - TNI dan Polri telah menyiapkan pengamanan menggunakan sistem ring terkait debat calon wakil presiden KH Ma'aruf Amin dan Sandiaga Uno, di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Sebanyak, 5.000 personel dikerahkan untuk menjaga keamanan.

"Polda Metro Jaya dengan Kodam Jaya, kita sudah rapat dengan KPU. Kita diberi kewenangan untuk melakukan pengamanan debat cawapres ketiga. Kegiatan tetap dilaksanakan di Hotel Sultan. Jadi personel yang kita libatkan adalah sebanyak 5.000 personel gabungan dari TNI, Polri, dan pemerintah daerah," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, kepada Beritasatu.com di Mapolda Metro Jaya, Jumat (15/3).

Dikatakan Argo, ribuan personel akan ditempatkan di sejumlah titik atau ring pengamanan. "Ring satu di tempat jalannya debat, nanti kita amankan. Nanti kita tempatkan juga alat sebagai pendeteksi, karena dalam kegiatan itu nanti ada pendukung masing-masing calon yang telah ditentukan KPU berapa jumlahnya yang boleh masuk. Ada ID Card juga untuk memudahkan siapa saja yang boleh masuk dalam ruang debat," ungkap Argo.

Argo melanjutkan, ring dua berada di luar ruangan debat dan ring tiga di sekitar Hotel Sultan. "Ada jalur yang menuju dan keluar dari lokasi. Ada beberapa jalan yang apakah nanti akan dilakukan rekayasa lalu lintas secara situasional di lapangan. Nanti Dirlantas (Kombes Pol Yusuf) yang akan mengetahui atau menjalankannya. Ahlinya Dirlantas, sebagai pengendali," kata Argo

Argo menambahkan, ada juga beberapa tempat parkir yang telah disiapkan untuk calon wakil presiden maupun pendukung yang datang. "Ada di sekitar Hotel Sultan, ada 2.000 mobil bisa parkir. Kalau nanti lebih, ada tempat parkir di Senayan," tambah Argo.

Menyoal antisipasi peristiwa ledakan yang terjadi pada debat sebelumnya, Argo menegaskan, pihak Intelijen dan Densus 88 Antiteror akan melakukan kegiatan antisipasi.

"Tentunya kita semua mengharapkan kepada masyarakat ikut serta menciptakan suasana kondusif di dalam kegiatan debat tersebut, ikut berpartisipasi agar pelaksanananya berjalan lancar. Dan tentunya, pasti dari Intelijen dan Densus 88 juga melakukan kegiatan-kegiatan tersendiri. Semoga kegiatan berjalan aman dan lancar," tandas Argo.



Sumber: BeritaSatu.com