Angin Puting Beliung Terjang Ratusan Rumah di Bekasi

Angin Puting Beliung Terjang Ratusan Rumah di Bekasi
Ilustrasi dampak angin puting beliung. ( Foto: Antara )
Mikael Niman / CAH Jumat, 29 Maret 2019 | 17:50 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - ‎Sedikitnya 176 rumah di Desa Karangharja, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, rusak akibat angin puting beliung, Kamis (28/3/2019) petang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Berdasarkan keterangan, Sekretaris Desa Karangharja, Andu Suhandi, bencana angin puting beliung melanda beberapa kampung diantaranya Kampung Kampu Telukbanggo, Kampung Tambun, dan Kampung Kobak Ceper.

"Sedikitnya, ada tiga kampung yang rumahnya mengalami rusak ‎berat," ujar Andu Suhandi, Jumat (29/3/2019).

‎Dari 176 rumah yang rusak, 20 rumah diantaranya rusak berat hingga tembok dan atap rumah roboh. ‎Selebihnya, merupakan rumah semi permanen yang tersapu angin puting beliung.

‎Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi bergerak cepat memberi bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak. Saat ini, tim Unit Reaksi Cepat (URC) sudah bekerja di lokasi mengevakuasi warga dibantu TNI-Polri.

"Untuk kondisi darurat, pemerintah daerah telah menyalurkan tikar serta makanan dan minuman kepada warga yang terdampak," kata Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya.

Pihaknya, mengerahkan mesin pemotong pohon untuk mengevakuasi ratusan pohon tumbang. "Bantuan lainya, kami sudah berkordinasi dengan Dinas Sosial dan Baznas. Kami fokus mendata warga yang terdampak," tuturnya.



Sumber: Suara Pembaruan