Tunjukkan Tinta Pemilu di Jari, Masuk Ragunan Gratis

Tunjukkan Tinta Pemilu di Jari, Masuk Ragunan Gratis
Wisatawan mengamati Gajah Sumatera atau "Elephas maximus sumatranus" di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta. ( Foto: Antara / Aprilio Akbar )
Bayu Marhaenjati / BW Selasa, 16 April 2019 | 13:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebagai bentuk apresiasi dan mendorong masyarakat agar menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum 2019, Taman Margasatwa Ragunan, menggratiskan tarif masuk, Rabu (17/4/2019) besok. Syaratnya, pengunjung hanya menunjukkan bekas tinta di jari (tanda telah memilih) kepada petugas di pintu masuk.

"Jadi guna mendukung masyarakat agar tidak golput dan sebagai apresiasi pada masyarakat yang sudah menggunakan hak pilihnya, besok kita gratiskan," ujar Kepala Taman Margasatwa Ragunan Widodo, Selasa (16/4/2019).

Dikatakan Widodo, ada syarat bagi pengunjung yang hendak masuk gratis ke dalam kebun binatang yakni, telah mencoblos atau menyalurkan hak suaranya dalam pemilu.

"Bagi masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya, tinta di jarinya itu tinggal ditunjukkan saja ke petugas di lapangan agar masuk dengan tiket gratis," ungkap Widodo.

Menurut Widodo, tiket gratis hanya di pintu masuk saja dan mulai berlaku pada pukul 13.00 hingga 16.00 WIB. Sementara, anak-anak yang belum memiliki hak pilih dan biaya parkir tetap bayar.

"Parkir dan selain pengguna hak pilih, termasuk anak-anak yang belum punya hak pilih, tetap normal seperti biasa," kata Widodo.

Tiket masuk gratis juga diberlakukan di beberapa tempat wisata yang dikelola Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, seperti Monas, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Planetarium, Rumah Si Pitung Marunda, dan sejumlah museum di Jakarta.



Sumber: BeritaSatu.com