Ibadah Paskah Gereja Katedral, Masjid Istiqlal Berbagi Lahan Parkir

Ibadah Paskah Gereja Katedral, Masjid Istiqlal Berbagi Lahan Parkir
Misa Kamis Putih di Gereja Katedral Jakarta, Kamis, 18 April 2019. ( Foto: Antara )
Bayu Marhaenjati / WBP Sabtu, 20 April 2019 | 13:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -Budaya berbagi lahan parkir di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang mencerminkan toleransi antarumat beragama terus terjaga hingga kini.

Pada serangkaian ibadah memperingati kematian dan kebangkitan Yesus Kristus atau Paskah, masjid terbesar di Asia Tenggara, itu kembali menyediakan lahan parkir bagi jemaat Katedral.

Kapolsek Sawah Besar Kompol Mirzal Maulana mengatakan, kedua tempat ibadah itu memang selalu menjaga toleransi antarumat beragama setiap hari raya atau peringatan keagamaan. Salah satu wujudnya berbagi lahan parkir.

"Setiap ada kegiatan dua tempat ibadah tersebut selalu berkomunikasi dan berbagi, memanfaatkan lahan parkir. Masjid Istiqlal mempersilakan apabila parkir Gereja Katedral sudah tidak mencukupi lagi, seperti ibadah rutin biasa," ujar Mirzal Maulana kepada Beritasatu.com, Sabtu (20/4).

Menyoal pengamanan terkait ibadah atau misa Paskah, Mirzal selaku kepala pengamanan objek menyebutkan, pihaknya menurunkan puluhan personel termasuk melakukan sterilisasi di Gereja Katedral. Polisi juga memasang alat metal detector di pintu masuk untuk mengantisipasi keamanan. "Pengamanan 1 Regu Jibom (sterilisasi), 1 SST dari Brimob, 1 SST Sabhara Polres dan 10 personel dari Polsek Sawah Besar," ungkap Mirzal Maulana.

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya dan Polres jajaran menurunkan sekitar 5.500 personel terkait pengamanan serangkaian ibadah mulai dari Jumat Agung hingga Paskah, di sejumlah gereja, di Jakarta dan sekitarnya, Jumat (19/4) kemarin sampai Minggu (21/4) besok.

Selain tempat ibadah, polisi juga akan melakukan pengamanan di tempat-tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan objek vital yang ada di Jakarta dan sekitarnya.



Sumber: BeritaSatu.com