MRT Jakarta Gandeng Crossrail International

MRT Jakarta Gandeng Crossrail International
Penumpang antusias menjajal MRT. (Foto: Beritasatu.com / Bayu Marhaenjati)
Lenny Tristia Tambun / BW Kamis, 2 Mei 2019 | 13:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dan Crossrail Internasional Ltd menandatangani nota kesepahaman Kerja Sama Pengembangan Kapasitas dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Kereta Api Perkotaan di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019).

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, dan Direktur Pelaksana Crossrail Internasional Ltd, Paul Dyson. Penandatanganan juga disaksikan langsung oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste, Moazzam Malik.

William mengatakan, ruang lingkup dari nota kesepahaman ini antara lain meliputi kerja sama pengembangan kapasitas dan kemampuan sumber daya manusia PT MRT Jakarta.

“Termasuk mendukung pembentukan Akademi MRT Jakarta berdasarkan pengalaman Crossrail Internasional,” kata William di Stasiun Dukuh Atas.

Selain itu, Crossrail Internasional Ltd juga akan membantu di area studi penyiapan proyek pengembangan jalur MRT dan Kawasan Berorientasi Transit (TOD).

“Rencananya, nota kesepahaman ini berlaku selama dua tahun ke depan,” ujar William.

Duta besar Moazzam Malik mengapresiasi penandatanganan ini. Dalam kerja sama ini, lanjutnya, akan ada banyak pengalaman dan pelajaran yang akan dibagikan ke PT MRT Jakarta.

“Saya senang menyaksikan penandatanganan MoU antara MRT Jakarta dan Crossrail International. Inggris memiliki banyak pengalaman dan pelajaran untuk dibagikan tentang bagaimana mengembangkan sistem transportasi umum,” kata Moazzam Malik.

Ditambahkan, Kedutaan Besar Inggris dan beberapa perusahaan Inggris telah berkomitmen untuk memperdalam kemitraan dengan MRT Jakarta dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

“Sistem transportasi umum yang efektif sangat penting untuk masa depan Ibu kota dan Indonesia. Keahlian dan finansial Inggris dapat membantu membuka jalan menuju sebuah kemajuan yang cepat,” terang Moazzam Malik.



Sumber: BeritaSatu.com