Polres Bogor Gelar Diskusi Mengatasi Penyebaran Hoax

Polres Bogor Gelar Diskusi Mengatasi Penyebaran Hoax
Polres Bogor menggelar forum grup discusion terkait pemahaman dan antisipasi penyebaran hoaks di M-one Hotel, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Senin, 13 Mei 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Vento Saudale )
Vento Saudale / CAH Selasa, 14 Mei 2019 | 11:30 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Pascapemilu, Polres Bogor menggelar diskusi untuk mengatasi dan menekan penyebaran informasi bohong atau hoax. Masyarakat pun diimbau untuk lebih waspada, bijak, dan tabayun dalam setiap menerima informasi.

Hal itu mencuat dalam diskusi terkait penanggulangan berita hoax yang di inisiasi Polres Bogor bersama Sesma Mabes Polri dengan mengundang 170 peserta terdiri dari perwira polri, tokoh masyarakat, dan muspida se-Kabupaten Bogor, di Sukaraja, Kabupaten Bogor, Senin (13/5/2019).

“Diskusi tidak hanya polisi, tetapi ada juga kejaksaan, tokoh agama, tokoh masyarakat. Materi yang disampaikan tentang pencegahan, identifikasi hingga menangani hoax. Juga bagaimana cara mengatasinya dan Implementasi di lapangan,” papar Kasat Bimas Polres Bogor, Ajun Komisaris Polisi Dodi Royadi.

Dodi menilai saat ini, masyarakat dengan mudah terpapar berita hoax yang berasal dari media sosial. Dengan mudah juga masyarakat menyebarkan kembali sehingga viral.

“Untuk itu, sangat penting diskusi ini dibuat agar menjadi salah satu instrumen yakni keberadaan bhabinkamtibmas. Polres Bogor, mencoba implementasi tiga langkah, cerdas, bijak dan tabayun dalam menyikapi setiap informasi,” katanya.

Diharapkan, hasil diskusi ini nantinya bisa diimpelmentasikan oleh setiap tokoh masyarakat di tiap-tiap lingkungan sekitar. Baik di masjid, di sekolah atau pun di setiap instansi pemerintah. Karena, Dodi menilai, tidak sedikit juga orang yang mempunyai kepandaian mumpuni bisa terhasut informasi hoaks.



Sumber: BeritaSatu.com