Umat Katolik Bagikan Takjil untuk Warga Muslim

Umat Katolik Bagikan Takjil untuk Warga Muslim
Umat Katolik dari Paroki Santo Ignatius Loyola, Semplak, Bogor, Jawa Barat, membagikan takjil pada Minggu (19/5). ( Foto: Ist )
Heri Soba / HS Senin, 20 Mei 2019 | 14:30 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Umat Katolik di beberapa daerah turut berpartisipasi dengan ikut membagikan takjil (hidangan berbuka puasa) selama bulan Ramadan. Kegiatan tersebut patut dilakukan secara rutin dan terus dikembangkan dengan melibatkan semakin banyak pihak.

Bagi umat Katolik dari Lingkungan Keluarga Kudus (LKK), Paroki Santo Ignatius Loyola, Semplak, Bogor, Jawa Barat, aktivitas membagi takjil sudah rutin setiap bulan Ramadan. Umumnya takjil tersebut menyasar pejalan kaki, sopir angkot, pedagang asongan, pengamen, anak jalanan, dan masyarakat lainnya.

Gregg Djako selaku Ketua LKK tersebut mengatakan pembagian takjil tersebut sebagai wujud dari perhatian umat Katolik terhadap saudara-saudara Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Selain di sekitar Gereja Santo Ignatius Loyola, Semplak, pembagian takjil juga dilakukan di sekitar perempatan lampu merah Salabenda, Kemang Bogor, Minggu (19/5/2019).

“Pembagian takjil itu wujud nyata rasa persaudaraan tanpa membedakan suku, agama, ras dan antargolongan,” ujar Gregg yang juga Ketua Seksi Keadilan dan Perdamaian Paroki St. Ignatius Loyola.

Petrus Dinar Subagyo yang juga salah satu inisiator kegiatan tersebut mengatakan pembagian takjil itu sudah menjadi rutinitas umat LKK. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung umat Muslim agar lebih hikmat dalam menjalankan ibadah puasa. “Kita semua hidup dalam keberagaman dan sudah sepantasanya mendorong tumbuhnya toleransi. Agama bukan untuk perbedaan dan saling menjauhkan tapi menjadi sarana yang merekatkan perbedaan menjadi persaudaraan," ujar Dinar.

Selain di Bogor, warga Gereja Santo Barnabas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, juga menyediakan takjil gratis untuk warga yang berpuasa. Kegiatan membagi-bagikan takjil berupa minuman teh dan makanan ringan kepada pengendara yang melintas di sekitar gereja, tepatnya jalan raya Jakarta-Bogor, Jumat (17/5).

Informasi yang diperoleh Beritasatu.com menyebutkan acara pembagian takjil jemaat Gereja Santo Barnabas itu merupakan yang kedua selama Ramadan 2019. Takjil gratis itu akan terus dibagikan setiap Jumat selama bulan Ramadan.

Aksi yang sama juga dilakukan puluhan pelajar Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Hikmah Mandala, Banyuwangi, Jawa Timur. Ratusan bungkus menu takjil dibagikan jelang buka puasa kepada para pengendara yang melintas di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Rabu (15/5/2019). Adaun takjil yang dibagikan kepada para pengguna jalan itu berupa kue patola dan es doger.

Kepala SMAK Hikmah Mandala Romo Eli Surya Abadi mengatakan, kegiatan bagi-bagi takjil tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun pada bulan Ramadan.
Diharapkan, toleransi beragama khususnya di Kabupaten Banyuwangi ini semakin solid dan kuat, serta tidak mudah dipecah-belah.



Sumber: Suara Pembaruan