Selama Lebaran, KCI Perkirakan Layani 11,2 Juta Penumpang KRL

Selama Lebaran, KCI Perkirakan Layani 11,2 Juta Penumpang KRL
Penumpang kereta rel listrik (KRL). ( Foto: Antara )
Thresa Sandra Desfika / JAS Kamis, 23 Mei 2019 | 18:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memperkirakan jumlah penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek selama masa angkutan Lebaran 2019 mencapai 11,2 juta orang. Jumlah tersebut meningkat sekitar 3 persen dibandingkan realisasi pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 11 juta penumpang.

"Dengan melihat pertumbuhan penumpang pada tahun ini dan tren pertumbuhan pada setiap musim Lebaran, kami prediksi musim Lebaran tahun ini jumlah pengguna KRL akan meningkat setidaknya 3 persen dibanding tahun 2018," kata Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti di Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Dia menambahkan, sebagai antisipasi padatnya lalu lintas kereta sehubungan dengan bertambahnya jadwal perjalanan kereta jarak jauh, masyarakat tidak perlu khawatir karena koordinasi antara PT KAI Daop 1 Jakarta dan PT KCI terus dilakukan dengan rekayasa pola operasi.

"Di musim Lebaran tahun ini, PT KCI tetap akan mengoperasikan 938 perjalanan KRL per hari. Jumlah ini tidak ada perubahan dibanding hari-hari biasanya," ungkap Wiwik.

Menurut Wiwik, di sejumlah stasiun padat penumpang, PT KCI juga menurunkan seluruh karyawannya untuk ditugaskan secara bergantian mengikuti pos koordinasi angkutan Lebaran dari 26 Mei-16 Juni 2019 guna membantu pelayanan di stasiun sehingga apabila terjadi kepadatan.

"Untuk mendukung keamanan PT KCI juga menyiapkan 4.142 personel keamanan siap melayani dan mengamankan para pengguna jasa di 80 stasiun," imbuh Wiwik.

Lebih jauh, PT KCI menyiapkan 236 unit vending machine, 196 loket manual, dan 28 loket portabel yang akan difungsikan di stasiun-stasiun yang berpotensi terjadi kenaikan penumpang antara lain Stasiun Bogor, Stasiun Citayam, Stasiun Bojong Gede, Stasiun Depok, dan lain-lain.



Sumber: BeritaSatu.com