Puncak Kepadatan Jalur Puncak Diprediksi H+2 Lebaran

Puncak Kepadatan Jalur Puncak Diprediksi H+2 Lebaran
Kasat Lantas Polres Bogor, Ajun Komisaris Fadli Amri saat memberikan keterangan terkait lalin Jalur Puncak, di Ciawi, Senin (3/6/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Vento Saudale )
Vento Saudale / FER Senin, 3 Juni 2019 | 15:32 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Polres Bogor memperediksi kepadatan lalu lintas di Jalur Puncak mulai terjadi di H+2 hingga H+5 atau Kamis (6/6/2019) hingga Minggu (9/6/2019). Satlantas Polres Bogor pun memberlakukan sistem satu arah (one way) untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Kasat Lantas Polres Bogor, Ajun Komisaris Fadli Amri, menuturkan, pada pekan ini memang terjadi peningkatan kendaraan di jalur Puncak, namun demikian masih terpatau ramai lancar.

"Polres Bogor memprediksi puncak kepadatan lalin Puncak mulai terjadi H+2. Sejumlah rekayasa kami lakukan untuk mengurai kepadatan lalin," kata Fadli, di Ciawi, Senin (3/6/2019).

Salah satu rekayasa lalin, kata Fadli, dengan memberlakukan sistem satu arah (one way) mulai dari Kamis (6/6/2019) hingga Minggu (9/6/2019). Sistem satu arah diberlakukan pada pagi hari mulai pukul 07.00 WIB guna memprioritaskan kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak dan sore hari mulai pukul 14.00 WIB akan memprioritaskan kendaraan dari arah Puncak ke Bogor/Jakarta.

"Untuk Hari Raya Lebaran, kami tidak memberlakukan sistem satu arah. Mengingat pada hari Lebaran itu, dipergunakan para warga di sekitar Puncak untuk silaturahmi," papar Fadli.

Guna mengurangi kepadatan lalin Puncak, lanjut Fadli, Polres Bogor juga mengimbau agar bagi kendaraan dengan jarak jauh menuju Cianjur hingga Bandung tidak menggunakan jalur Puncak. Pengguna kendaraan bisa melintas melalui jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi.

"Untuk perjalanan jarak jauh, seperti Cianjur dan Bandung diharapkan tidak melintas Puncak. Karena Puncak digunakan untuk jalur pendek dan wisata. Jalur jauh bisa via Jonggol atau Bocimi, Sukabumi,” kata Fadli.

Pengemudi pun diimbau agar mengecek kelayakan kendaraan serta kondisi pengemudi saat melakukan perjalanan. Khususnya, selalu bersabar ketika berada dalam antrean, juga mematuhi rambu lalu lintas.



Sumber: BeritaSatu.com