Transjabodetabek Hadirkan Rute Baru di Gading Serpong

Transjabodetabek Hadirkan Rute Baru di Gading Serpong
Peresmian Bus Transjabodetabek Premium (JR Connexion) dan bus JA Connexion melayani penumpang dengan rute Gading Serpong-Lebak Bulus dan Gading Serpong-Bandara Soekarno Hatta, Kamis, 13 Juni 2019. ( Foto: Istimewa )
Hendro D Situmorang / JAS Kamis, 13 Juni 2019 | 22:31 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Bus Transjabodetabek Premium (JR Connexion) dan bus JA Connexion kini hadir dan siap melayani penumpang dengan rute Gading Serpong-Lebak Bulus dan Gading Serpong-Bandara Soekarno Hatta. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama Perum PPD dan pengembang Summarecon Serpong serta pemda Kabupaten Tangerang meresmikan dan mengoperasikan 10 bus di Scientia Square Park Summarecon.

“Bus JA Connexion melayani trayek Scientia Square Park, Summarecon Serpong menuju Bandara Soekarno Hatta (PP). Sementara, JR Connexion dengan layanan Scientia Square Park ke Stasiun MRT Lebak Bulus,” ucap Kepala BPTJ, Bambang Prihartono, Kamis (13/6/2019).

Menurut dia, dengan adanya layanan JA dan JR Connexion untuk membuat masyarakat beralih memanfaatkan angkutan umum massal dari angkutan pribadi. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan bus premium dengan berbagai fasilitas lengkapnya seperti wifi, stop kontak charger, dan fitur reclining seat. Semua dilakukan demi kenyamanan penumpang sebagai prioritas.

Executive Director Summarecon Serpong, Magdalena Juliati menambahkan, pengadaan transportasi umum bagi warga mendukung pelestarian lingkungan dalam pengurangan polusi udara. Moda transportasi terbaru ini akan melayani rute Scientia Square Park, salah satu fasilitas hijau di kawasan ini yaitu berupa taman edukasi keluarga, melewati Summarecon Mall Serpong (SMS) hingga berakhir di rute Bandara Soekarno Hatta ataupun Terminal MRT Lebak Bulus.

"Pengadaan transportasi umum bagi warga Summarecon Serpong merupakan bukti bahwa kami konsisten dalam mewujudkan visi menciptakan kawasan hijau. Hal ini tentunya memudahkan warga Tangerang yang juga ingin menikmati fasilitas terbaru yakni MRT Jakarta. Fasilitas terbaru ini tentunya akan menambah kenyamanan bagi warga Summarecon Serpong dan sekitarnya serta semakin menjadikan Summarecon Serpong layak disebut sebagai a truly liveable city,” ucap Magdalena.

Bupati Tangerang, Zaki Iskandar mengapresiasi penyediaan sarana transportasi ini. Layanan ini bisa menjadi salah satu solusi nyata untuk menekan volume kendaraan dengan mengajak aktif bagi masyarakat untuk secara membiasakan diri agar menggunakan transportasi umum untuk aktifitas sehari- hari.

"Saya berharap bisa benar-benar memberikan dampak positif dalam nyata bagi masyarakat kita sehari-hari," tutup Zaki.

Sementara itu, jadwal keberangkatan bus dari Scientia Square Park menuju Bandara Soekarno-Hatta akan dibuka setiap pukul 05.00-20.00 WIB dan pukul 06.15-21.15 untuk jadwal kepulangan.

Selama masa uji coba, terdapat harga khusus untuk setiap keberangkatannya. Untuk keberangkatan menuju Lebak Bulus dikenakan tarif Rp 10.000, sedangkan rute menuju Bandara Soekarno-Hatta dikenakan Rp 30.000.

Selanjutnya harga akan menjadi normal yang dapat digunakan oleh masyarakat sekitar dengan tarif Rp 15.000 untuk bus Transjabodetabek Premium rute Lebak Bulus dan Rp 35.000 untuk bus JA Connexion rute Bandara Soekarno-Hatta.



Sumber: Suara Pembaruan