70 Berkas Perkara Kerusuhan Dilimpahkan ke Kejati DKI

70 Berkas Perkara Kerusuhan Dilimpahkan ke Kejati DKI
Aksi 22 Mei 2019. ( Foto: Antara )
Bayu Marhaenjati / BW Kamis, 20 Juni 2019 | 12:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Polisi melimpahkan berkas perkara tahap pertama kasus kerusuhan massa 21-22 Mei lalu ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

"Ya, sudah kita kirim 70 berkas perkara ke Kejati DKI," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Kamis (20/6/2019).

Dikatakan Argo Yuwono, 70 berkas perkara itu ditangani penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya sebanyak 35 berkas, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya 16 berkas, Ditresnarkoba Polda Metro Jaya 11 berkas, dan Polres Jakarta Barat delapan berkas.

"Kemarin dikirim 18 Juni 2019, tahap pertama," ungkap Argo.

Sebelumnya, Argo menyampaikan, polisi menangkap 447 tersangka buntut kerusuhan massa yang terjadi di beberapa wilayah di Jakarta. Sebanyak 35 orang di antaranya, masih di bawah umur.

"Kita menangkap 447 tersangka. Kemudian, dari kasus kerusuhan tersebut ada pelaku anak yang melakukan kerusuhan. Ada sejumlah 35 tersangka," kata Argo.

Menurut Argo, 35 tersangka di bawah umur itu sudah diproses secara diversi sesuai sistem peradilan pidana anak, dan menjalani pelatihan di panti sosial. Selain itu, ada juga yang dikembalikan kepada orang tua atau keluarga.

"Ada anak keterbelakangan mental juga dikembalikan ke orang tuanya," ucap Argo.

Menurut Argo, ratusan tersangka itu bukan hanya berasal dari Jakarta, tetapi juga daerah lain. "Sudah diidentifikasi dari Lampung, Banten, dari Jakarta sendiri, Jakbar, berbagai kota di sana. Di luar Jawa juga ada. Saat ini, kita masih melakukan penyidikan," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com