Kempupera Mulai Perbaiki Jembatan Mampang Depok

Kempupera Mulai Perbaiki Jembatan Mampang Depok
Wali Kota Depok Mohammad Idris (memakai topi) saat meninjau amblesnya Jembatan Mampang, Jumat, 28 Juni 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Bhakti Hariani )
Bhakti Hariani / JAS Selasa, 9 Juli 2019 | 11:09 WIB

Depok, Beritasatu.com - Jembatan Mampang di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok, yang ambles belum lama ini mulai diperbaiki oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera). Pengerjaan jalan diperkirakan memakan waktu hingga 75 hari ke depan.

"Proses perbaikan jalan ambles di Jembatan Mampang, sudah dimulai Senin (8/7/2019) malam. Rencananya (pengerjaan) sesuai edaran itu 75 hari prosesnya yakni terhitung sejak 8 Juli hingga 17 September 2019," ujar Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Citra Indah Yulianty di Depok, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019).

Citra menuturkan, selama pengerjaan perbaikan, dipastikan Jalan Raya Sawangan akan mengalami kemacetan. "Pastinya macet karena satu ruas jalan yang ambles kan harus ditutup. Hanya satu ruas jalan yang bisa digunakan," kata Citra.

Berdasarkan surat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya disebutkan bahwa Pejabat Pembuat Komitmen 2.1 Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya Linda Widianti mengatakan, perbaikan dilakukan sesuai desain yang diberikan dari perencana, penanganan perbaikan dengan menggunakan pelat beton.

Waktu pelaksanaan akan diselesaikan selama 75 hari ke depan terhitung sejak 8 Juli hingga 17 September 2019.

"Pelaksanaan kegiatan perbaikan ini akan menimbulkan kemacetan yang signifikan, mohon perhatian dan kerja samanya," kata Linda Widianti dalam surat tersebut.

Sementara itu, terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Depok Kompol Sutomo mengatakan pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi. Sutomo mengatakan nantinya hanya satu lajur di Jalan Raya Sawangan yang bisa digunakan selama proyek dilaksanakan.

"Iya, itu kan separuh yang ambles, ya kalau diperbaiki bisa dipakai satu jalur saja,"kata Sutomo.

Adapun rekayasa lalu lintas yang disiapkan polisi adalah dari arah Mampang yang hendak ke arah Jalan Margonda Raya dibelokkan ke kiri ke jalan alternatif yakni melewati Jalan Remaja. 



Sumber: BeritaSatu.com