Hari Pertama Sekolah, 360 Siswa Baru SMAN 13 Ikuti MPLS

Hari Pertama Sekolah, 360 Siswa Baru SMAN 13 Ikuti MPLS
Suasana Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 13 Jakarta Utara pada Senin (15/7/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta Barus )
Carlos Roy Fajarta / WBP Senin, 15 Juli 2019 | 16:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 360 siswa baru SMAN 13 Jakarta Utara mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di hari pertama masuk sekolah pada Senin (15/7/2019).

"Kita melaksanakan MPLS sesuai dengan aturan dari dinas yakni para senior dilarang memberikan tugas membawa sesuatu atau melakukan kegiatan fisik berlebihan kepada adik kelas," ujar Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan SMAN 13, Ade Nurmayan di Jakarta, kepada Beritasatu.com, Senin (15/7).

Dikatakannya, pelaksanaan MPLS berlangsung sejak pukul 06.30 WIB hingga jam pulang sekolah selama tiga hari dengan materi utama memperkenalkan murid tentang cara belajar efektif dan bergaul dengan kakak kelas. "Materinya bermacam-macam, kadang ada penyuluhan narkotika dan kenakalan remaja dari kepolisian dan BNNK (Badan Narkotika Nasional Kota), kemudian ada dari yayasan yang memberikan pengetahuan mengenai kekerasan seksual," lanjut Ade Nurmayan.

Dikatakannya, dalam kegiatan belajar mengajar para murid diberikan kebebasan bergaul dengan sesama teman kelas tanpa membedakan agama, suku, maupun ras etnis. Langkah ini sebagai wujud mencetak generasi bangsa yang mencintai Pancasila dan Bhinneka Tinggal Ika.

"Para pelajar kelas X di hari ketiga MPLS juga diperkenalkan ekstrakurikuler seperti orkestra, tari, PMR (Palang Merah Remaja), Pramuka, Paskibra, Pusdokinfo, paduan suara, bela diri, basket, voley, futsal, serta ekskul keagamaan seperti rohis," tambah Ade Nurmayan.

Wildan pelajar X IPS 4 menyebutkan dirinya tidak terlalu khawatir dengan kegiatan belajar di hari pertama karena sudah memilih sekolah unggulan. "Kalau di SMAN 13 tidak pernah ada tradisi atau budaya bullying karena memang di sini sekolah unggulan dan kita fokus belajar meraih cita-cita," kata Wildan.

Sementara itu, Risya (15) menyebutkan dirinya sudah mulai mencari teman kelas dan bergaul dengan semua teman untuk mendukung kegiatan belajar. "Senang punya banyak temen baru," ujar Risya yang sebelumnya berasal dari SMP Al-Azhar BSD.



Sumber: Suara Pembaruan