Ridwan Kamil: Depok Bisa Buang Sampah ke Nambo Tahun Ini

Ridwan Kamil: Depok Bisa Buang Sampah ke Nambo Tahun Ini
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad ( Foto: istimewa )
Bhakti Hariani / CAH Jumat, 19 Juli 2019 | 11:51 WIB

Depok, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan bahwa Kota Depok bisa melakukan pembuangan sampah ke Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Nambo di Kabupaten Bogor. Namun tetap menunggu hal hal terkait teknis yang harus segera dirampungkan sebelum membuang sampah ke TPPAS Nambo.

Ridwan Kamil mengatakan telah merumuskan izin bagi Kota Depok untuk dapat membuang sampah ke Nambo. Karena letaknya di abupaten Bogor maka sebelum membuang sampah ke Nambo tetap harus menempuh izin kepada Bupati Bogor Ade Yasin.

"Tetap harus ketuk pintu ke Ibu Ade Yasin, ya, karena ini sampah. Nanti kalau ada sampah yang tercecer di jalanan nanti ada yang komplain," kata Ridwan Kamil saat melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Depok di Balai Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (18/7/2019).

Lebih lanjut dikatakan Emil, sapaan akrabnya, pada akhir bulan ini jika masalah teknis sudah aman maka sampah Depok bisa dibuang ke Nambo. Semua tergantung pada teknis.

"Depok bisa membuang sampah lebih dulu ke Nambo karena ini emergensi ya. Ada diskresi pengecualian untuk hal-hal yang sifatnya emergensi. Nantinya tetap di Nambo konsepnya adalah zero waste energy bukan menumpuk sampah semata tapi juga mengolah sampah," papar Emil.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok Iyay Gumilar menyambut baik keputusan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Iyay mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Balai Pengelolaan Sampah Regional (BPSR) Jawa Barat dan juga dengan Pemerintah Kabupaten Bogor.

"Kami terus rampungkan hal teknisnya dan juga koordinasi dengan BPSR dan Pemkab Bogor," kata Iyay.



Sumber: Suara Pembaruan