Malam Ini Warga Jagakarsa Bisa Tidur Tenang

Malam Ini Warga Jagakarsa Bisa Tidur Tenang
Suasana Bunderan Semanggi Jakarta, Minggu 4 Agustus 2019 malam. Sebagian jaringan listrik di Jabodetabek sudah mulai nyala kembali sore ini. Listrik padam sejak pukul 11.48 WIB akibat gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Anselmus Bata / AB Minggu, 4 Agustus 2019 | 23:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Listrik yang mendadak padam di sejumlah wilayah di Jawa, termasuk Jakarta, sejak Minggu (4/8/2019) siang dan kembali menyala menjelang magrib hingga malam, menjadi kisah tersendiri bagi siapa pun yang mengalaminya. Ada yang terus menggerutu karena pekerjaannya terhambat, tetapi tak sedikit yang seolah menikmati masa lalu saat internet tak bisa diakses.

Sejumlah pengendara mobil terjebak kemacetan akibat lampu lalu lintas yang tak berfungsi. Pengguna MRT terpaksa berjalan kaki untuk keluar dari terowongan bawah tanah karena angkutan umum massal itu sempat tak bisa beroperasi karena tak mendapat pasokan listrik. Pengguna kereta rel listrik (KRL) pun menumpuk di stasiun karena ratusan perjalanan terpaksa dihentikan.

Salah seorang warga Jagakarsa, Jakarta Selatan, yang meminta namanya tak disebut, menuliskan pengalamannya saat listrik padam hampir enam jam di wilayahnya. Berikut tulisannya yang dikirim ke redaksi, Minggu (4/8/2019).

Saya sedang berada di rumah ketika listrik tiba-tiba padam sekitar pukul 12.45 WIB. Selang beberapa menit setelah listrik padam, jaringan telepon juga terganggu. Sinyal handphone hilang dan komunikasi lewat WhatsApp (WA) pun tersendat-sendat.

Warga sekitar saya di RT 003/RW 03, Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada ke luar rumah dan saling bertanya ke tetangga mengapa listrik tiba-tiba padam. Ada yang mengira token listriknya habis atau khawatir ada yang korsleting. Namun ternyata tidak. Yang terjadi adalah listrik padam total di seluruh rumah warga.

Tak ada seorang pun warga yang mengetahui sebelumnya bahwa akan ada pemadaman listrik. Saya kebetulan bisa menerima rilis PLN melalui grup WA tentang penyebab listrik padam dan di mana sumber gangguan. Saya menjelaskan ke para tetangga, sehingga semua menjadi tenang.

Namun hari semakin sore dan menjelang magrib, listrik belum juga menyala. Warga mulai gelisah. Masalahnya ada yang belum sempat mandi dari pagi hari, dan keluarga yang memiliki balita merasa tersiksa sekali karena anak-anaknya menangis kepanasan dalam rumah akibat kipas angin atau pendingin ruangan tak bisa dihidupkan. Mesin air pun tak bisa dihidupkan, sehingga penggunaannya harus dihemat.

Warga semakin panik ketika menjelang malam listrik belum juga menyala. Warga ramai-ramai ke warung untuk membeli lilin yang akan digunakan sebagai penerang dalam rumah di malam hari. Beberapa toko modern di sekitar perumahan langsung tutup beberapa saat setelah listrik padam karena kasir tak bisa menjalankan mesin transaksi.

Saking banyaknya warga yang membeli lilin di warung-warung sekitar rumah warga, alat penerangan sederhana itu pun cepat habis.

"Persediaan lilin hanya sedikit, kita enggak nyangka kalau banyak yang mau beli karena listrik padam," ujar Rizal, pemilik warung yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat di bilangan Jagakarsa.

Namun, saat kecemasan warga memuncak, sekitar pukul 17.35 WIB, listrik mulai mennyala di beberapa rukun tetanggar. Dan pukul 18.00 WIB, listrik di hampir semua rumah warga di sekitar Jagakarsa, kembali menyala.

"Alhamdulillah," demikian ucapan syukur yang terdengar dari setiap mulut warga saat listrik menyala kembali.

Namun, hingga pukul 22.17 WIB, jaringan telepon belum bisa berfungsi dengan baik. Warga hanya bisa menelepon beberapa menit, lalu terputus, dan susah untuk mengulanginya kembali.

Meski saluran komunikasi belum sepenuhnya normal, paling tidak warga sudah bisa tenang karena listrik telah menyala dan bisa melakukan kegiatan dalam rumah tanpa tersendat, serta paling tidak bisa tidur dengan tenang malam ini.

Dari Jagakarsa, teriring ucapan selamat malam.



Sumber: BeritaSatu.com